Foxit Reader sebagai Alternatif Evince pada Gnome

Desktop Gnome memiliki pembaca berkas bentuk portabel (PDF – Portabel Data Format) yang dikenal sebagai Evince. Saya suka karena Evince sederhana, namun entah mengapa ada sesuatu yang terasa kurang, misalnya Evince kadang tersendat-sendat. Beberapa mengatakan, Evince memang demikian, tentu saja pembanding mereka biasanya adalah MuPDF yang memang terkenal ringan dan kencang. Lalu apa ada alternatif lain? Saya berpikir mencoba Foxit Reader versi gratis untuk Linux.

Versi gratis Foxit Reader tersedia di halaman resmi mereka, tinggal pilih mengunduh, situs mereka akan mengarahkan pada versi yang sesuai (misalnya Linux 64-bit).

Perlu digaris-bawahi bahwa saya menggunakan openSUSE Leap 64-bit untuk Gnome ini. Tidak ada berkas pemasangan bentuk DEB ataupun RPM yang disediakan oleh Foxit, hanya sebuah berkas RUN yang diarsip ke dalam bentuk TAR.GZ.

Ketika berkas pemasangan berjenis RUN sudah dikeluarkan (ekstraksi), maka tinggal dijalankan dan Foxit Reader akan terpasang dengan sendirinya. Mekanisme ini mirip seperti memasang perangkat lunak di Windows.

Foxit Reader pada Linux
Tampilan Foxit Reader pada Desktop Gnome

Dari segi fitur yang ditawarkan (sebagai penampil dokumen bentuk PDF), saya tidak banyak melihat alasan mengapa Foxit Reader bisa menggantikan Evince – karena aktivitas utama saya kebanyakan hanya membuka dan mengulas berkas-berkas dalam bentuk PDF.

Sebenarnya saya ingin produk yang benar-benar terintegrasi dalam dekstop Gnome, misalnya mampu mengisi sisi layar terpisah (split screen) dengan otomatis. Hanya saja, baik Evince dan Foxit Reader, keduanya tidak mampu untuk itu.

Sisi baiknya adalah, font rending oleh Foxit Reader sepertinya lebih ramah di mata pengguna dibandingkan dengan Evince. Di sisi ini, ya saya akan memilih Foxit Reader – walau merupakan produk proprietary. Bagi mereka yang sering membuka dan mengakses berkas PDF di desktop Linux, maka saya bisa katakan Foxit Reader layak dijadikan salah satu aplikasi alternatif.

Iklan

2 tanggapan untuk “Foxit Reader sebagai Alternatif Evince pada Gnome

  1. dulu juga zaman XP lebih suka foxit karena adobe selain makan resource, juga hobinya update hehehe … zaman fakir benwit menggunakan app banyak lubang keamanan itu melelahkan. foxit juga menemani saya ketika belum menggunakan android. karena cuman foxit yang mensupport symbian UIQ3 punya sonny ericsson W950 dan M610i saya 😀 … sekarang malah saya lebih suka sumatra untuk di windows LOL … kalau untuk di Linux hanya mengandalkan default …

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s