Membuat Pohon Silsilah Keluarga

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat pohon silsilah keluarga? Setidaknya ini mungkin Anda pernah mengerjakannya ketika di bangku sekolah dulu. Bagaimana Anda membuatnya? Tentu saja dengan mencari data terlebih dahulu, dengan menanyakan sanak keluarga yang lebih tua – tergantung dari ketersediaan data dan keinginan Anda, pohon keluarga bisa dibuat dengan sederhana, walau tidak semua orang menemukannya sebagai hal yang mudah.

Misalnya, WikiHow menyediakan langkah-langkah sederhana seperti yang saya sebutkan di atas melalui halamannya.

http://id.wikihow.com/Menggambar-Pohon-Silsilah

Sayangnya, pohon keluarga tidak selalu sesederhana itu. Kadang jumlah data yang ingin kita olah begitu besar, sebuah keluarga besar misalnya, trah, atau mencari garis leluhur hingga beberapa generasi ke belakang, atau kita memerlukan data mengenai asal geografis dari nenek moyang kita.

Atau mungkin Anda seorang yang berprofesi sebagai genealogis atau memiliki hobi di bidang genealogi, maka Anda mungkin memerlukan bantuan perangkat lunak (software) untuk yang satu ini.

Ada banyak perangkat lunak di luar sana, hanya saja perangkat lunak berbasis komunitas dan bersumber kode (open source) terbuka akan tetap menarik perhatian. Salah satunya sebagai contoh adalah Gramps – Genealogical Research Software yang masih terus dikembangkan hingga saat ini.

https://gramps-project.org/

Jika Anda menggunakan Linux, Gramps bisa diunduh dan dipasang langsung ketika repositori Anda sudah terhubung atau mengandung perangkat lunak ini. Pengguna Windows dan Mac juga bisa menggunakan Gramps.

Tergantung dari kebutuhan, membuat pohon silsilah keluarga bisa jadi menyenangkan atau menjadi kompleksitas yang akan menyita waktu Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s