Sampai saya menulis ini, sepertinya memang tidak tersedia jaringan 4G Indosat di Bantul. Dan di Yogyakarta sendiri setelah saya melihat coverage area yang ditawarkan Indosat, jaringan 4G LTE hanya mencakup wilayah sekitaran kampus UGM.

Ini adalah kesalahan saya terlambat menyadari, karena sistem paket yang ditawarkan oleh Indosat menyatakan bahwa jaringan 4G telah tersedia. Saya memindahkan kartu dari 3G ke 4G SIM CARD. Sayangnya, penawaran ini tidak disokong oleh jaringannya.

Saat ini saya sedang mencari cara untuk menemukan paket Internet yang masuk akal bagi kebutuhan saya. Karena paket Freedom Combo dari Indosat untuk kartu IM3 mahal luar biasa (bagi saya), ditambah pemborosan kuota 4G dan bonus 4G yang pada akhirnya sama sekali tidak terpakai. Tentu saja, dalam neraca saya – ini tampak sebagai pemborosan.

Belum lagi di myCare Indosat untuk kartu 4G, saya tidak melihat lagi menu untuk mendapatkan paket ekstra internet, di mana saya bisa memilih paket ekstra sesuai kebutuhan saya.

Mungkin besok saya akan mencoba untuk mendapatkan paket yang wajar, tanpa pembedaan antara 4G dan sisanya. Saya malas bertanya ke layanan pelanggan, jawaban mereka umumnya bersifat diplomatis seperti politikus saja. Jika tidak ada, saya mungkin akan mengganti kartu utama saya, dan membiarkan nomor indosat saya dalam ponsel lain yang tidak memerlukan akses internet.