Lima Jam

Seberapa banyak waktu yang dihabiskan di rumah setelah pulang dari bekerja? Belakangan ini banyak hal yang membuat saya mulai berhitung ulang, apakah saya sudah memiliki waktu yang cukup bagi diri saya sendiri? Kadang saya kangen untuk bisa setidaknya menghabiskan sedikit waktu untuk berjalan-jalan ke pantai yang indah di akhir pekan.

Jika saya melihat pada hari-hari kerja, saya sering (bahkan sangat sering) hanya berada di rumah hanya untuk lima jam saja. Sisanya berarti entah saya sedang berada di kantor, berada di fasilitas kesehatan tingkat pertama sebagai dokter fungsional, atau saya berada di perjalanan, atau entah di mana terdampar untuk pertemuan-pertemuan yang harus saya ikuti.

Embed from Getty Images

Tapi saya masih bersyukur bahwa pekerjaan saya tidak hanya duduk saja sebagai seorang dokter, jika tidak betapa membosankan hanya duduk di depan meja berlama-lama.

Lalu, apa yang saya lakukan dalam lima jam tersebut? Entahlah, bahkan saya tidak bisa memikirkannya dengan baik. Kadang saya perlu istirahat dua jam setidaknya. Sisanya seperti tadi, random, seperti tadi, saya menggunakan lima belas menit untuk mengayuh sepeda statis demi setetes peluh.

Pertanyaan yang lain, seberapa banyak saya memiliki waktu untuk keluarga?

Sedikit sekali, dan untungnya karena pasangan saya juga dari dunia kesehatan, bisa memahami mengapa saya memiliki begitu sedikit waktu bagi keluarga.

Sebagai ganti, ketika libur tiba – seperti hari Minggu misalnya, maka saya akan memberikan waktu pada keluarga – ya termasuk diri saya sendiri. Saya biasanya menyingkirkan ponsel jauh-jauh, tidak menerima telepon ataupun pesan. Dan jika tidak ada tambahan ‘tanggalan merah’ di kalender, maka hanya hari Minggu saja menjadi sebuah hari yang istimewa, itu pun ketika tidak ada tugas tambahan yang memaksa saya meninggalkan rumah.

Banyak orang tidak memiliki lima jam bahkan, sehingga saya tidak akan protes. Namun ini adalah sesuatu yang saya syukuri, setidaknya saya memiliki lima jam untuk hal-hal di luar pekerjaan hampir tiap harinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s