Menuju Indonesia Sehat

Apakah Indonesia belum sehat saat ini? Salah satu celetukan paling sederhana yang pernah saya dengar adalah, ‘selama asap rokok masih mengepul di negeri ini dengan bebas, negeri ini masih belum sehat.’ Kenapa? Karena kesehatan hanya bisa dibangun di atas dasar kesadaran. Jika masyarakatnya sendiri belum sadar untuk hidup sehat, bagaimana mungkin kesehatan bisa terwujud?

Ketika ada kesadaran, barulah mentalitas sehat bisa terbangun. Mentalitas sehat bukan sekadar ketika sakit ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, namun jauh lebih penting dari itu adalah kemampuan dan kemandirian dalam menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, masyarakat serta lingkungan.

Anda tidak bisa menyerahkan Kartu Indonesia Sehat untuk mendapatkan obat kolesterol, sementara Anda setiap hari asyik dengan gorengan, makanan & minuman tinggi kalori dan kebulan asap rokok? Itu sih omong kosong. Tapi mau bagaimana lagi, seberapa banyak di negeri yang benar-benar berkomitmen untuk hidup sehat?

Ada saja alasan mengapa orang menghindari hidup sehat. Hal ini sederhana, karena hidup sehat sering membuat kantong Anda tidak tenang. Dari pada beli sayur dan buah yang mahal, lebih baik beli tahu dan tempe tinggal digoreng sudah selesai untuk lauk dan mengeyangkan, tidak repot lagi mengolahnya – atau bahkan bisa dibeli lebih mudah. Atau alasan tidak sempat berolah raga karena sibuk dengan pekerjaan, baik kantor, perusahaan, maupun rumah tangga?

Ada yang ekstrem mencari keuntungan dan menumpuk uang, ada yang ekstrem bermalasan dan hidup ala kadarnya tanpa terstandar. Dua ekstremis ini tidak baik di mata dunia kesehatan. Bagaimana hidup yang tidak seimbang ingin sehat?

Dan bagaimana ingin mewujudkan negeri yang sehat ketika masih banyak orang tak acuh akan sehat itu sendiri. Ingat, sehat itu bukan sekadar menunggu sakit datang untuk kemudian berobat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.