deepin – Cita Rasa Pinguin dari Negeri Tiongkok

Jika kita melihat tulisan “Made in China” pada produk yang kita bawa, mungkin kadang merasa bahwa barang kita kalah kelas, kok buatan Cina Tiongkok sih? Tapi bukankah tidak semua yang didesain di Negeri Naga tersebut buruk? Katakan sajak telepon pintar dari Apple dan Samsung memiliki pabrikan juga di situ. Tiongkok dikenal memiliki cita rasa seni yang tinggi.

Demikian juga dengan salah satu desktop Linux yang mereka olah di sana, ‘deepin’ – si Penguin dari Tiongkok, sudah lama sekali terkenal. Mulai dari dulu, hingga versi teranyar adalah seri 15.2. Dengan menggunakan tagline “Firmly Moving Forward with Our Dreams” menjadikan racikan mereka sebagai salah satu distribusi yang digemari, tidak hanya oleh warga Tiongkok dan etnis Tionghoa di manca negara, namun juga pengguna Linux lainnya.

Ada yang berkata, antarmuka Linux deepin merupakan gabungan antara antarmuka Windows dan OS X, sehingga memberi nuansa baru dibandingkan lingkungan-lingkungan dekstop yang sudah ada sebelumnya.

Anda ingin mencoba Linux? Deepin bisa menjadi salah satu pilihan awal, karena sangat mudah dipasang melalui sistem operasi populer, ada banyak video yang memberikan tutorial untuk itu.

Saya sendiri bukan pengguna deepin, namun kehadiran sebuah lingkungan desktop baru akan selalu disambut dengan meriah (walau deepin tidak bisa lagi dibilang barang baru).

Menyenangkannya Linux, karena seperti menuju rumah makan yang menyediakan pelbagai jenis hidangan yang bisa disantap. Anda ingin Pinguin dengan Cita Rasa ala Tiongkok, maka cobalah deepin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s