Konflik acap kali muncul karena hal-hal yang kecil, yang sebenarnya ketika dilihat sungguh menjadi sesuatu yang tidak ada maknanya sama sekali. Namun, karena kita lebih sering tidak mampu melihat pandangan umum yang lebih utuh, maka konflik akan semakin tidak terhindarkan.

Selain menanyakan, mengapa kita memiliki konflik, maka kita juga bisa bertanya – mengapa kita tidak bisa melihat secara utuh?

Dalam kehidupan, kita sering menemukan rekan seperjalanan. Hanya saja kita juga sering menemukan hal-hal yang membuat kita berkonflik dengan mereka.

Kata-kata “Mundur Selangkah akan memberi maju Seribu Langkah”, kadang sulit dimengerti. Namun para pebisnis saat ini memberikan kata yang lebih sederhana, yaitu “investasi”.

Sayangnya, tidak semua orang bisa berinvestasi dengan cerdas nan bijak. Saya pun demikian, sering kali melihat suatu keadaan secara sepenggal. Dan ini bisa menjadi sesuatu yang merugikan suatu ketika nanti.

Ambil pelajaran dari hal-hal di mana kita gagal melihat sesuatu dengan utuh. Sehingga ketika kita mampu melihat sesuatu masalah secara lebih menyeluruh – atau bahasa kerennya lebih komprehensif, maka kita akan tahu bagaimana untuk menanggulanginya dengan baik.