Mempresentasikan Berkas PDF pada openSUSE

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan kiriman ‘bahan’ presentasi dari salah satu instansi pemerintahan. Bahan presentasi ini sebenarnya sudah dipresentasikan pada saya ketika saya menghadiri acaranya, namun diharapkan dipresentasikan ulang pada karyawan yang bekerja di tempat saya. Apa daya ketika surat elektronik tersebut tiba, bahan presentasi yang dikirimkan dalam bentuk berkas PDF – Portable Data Format, yang tidak akan bisa saya presentasikan menggunakan aplikasi Impress pada LibreOffice. Seandainya dalam bentuk/format PPT atau PPTX dari Microsoft Office PowerPoint, saya masih bisa mempresentasikannya.

Biasanya ada dua pilihan:

  1. Membuat presentasi ulang, baik dengan mengetik manual ataupun melakukan ekspor dari PDF ke bentuk gambar (JPG/PNG) dengan GIMP atau perangkat lunak sejenis, lalu memasukkannya ke dalam Impress, dan ini tidak menyenangkan – karena menghabiskan banyak waktu.
  2. Melakukan presentasi dengan menggunakan aplikasi pembaca PDF, seperti Evince, MuPDF, atau dalam situasi saya biasanya menggunakan Foxit Reader. Tapi menggulung halaman itu entah kenapa tidak tampak keren sama sekali.

Akhirnya, saya dihadapkan pada sebuah tantangan untuk mencari solusi, dan hasilnya adalah gambar di atas.

Pada repositori openSUSE, terdapat perangkat lunak open source yang bernama pdfpc yang dirancang khusus untuk menampilkan presentasi dari berkas PDF pada layar ganda (multi-monitor). Ini merupakan hal pas yang saya butuhkan.

Dan aplikasi pdfpc ini sangat sederhana karena cukup dijalankan dari terminal dengan menggunakan baris perintah:

pdfpc namaberkas.pdf

Ini tentu saja tidak memerlukan saya untuk mengakses antarmuka yang lebih banyak lagi.

Sehingga, jika ada lagi yang mengirimkan berkas presentasi yang telah dikonversi ke dalam bentuk PDF, saya tidak perlu lagi khawatir tidak bisa mempresentasikannya ulang. Walau tentu saja, hasilnya hanya sesederhana menampilkan halaman per halaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s