Xfce openSUSE Leap 42.1

Kadang saya kangen menggunakan desktop yang ‘terasa’ ringan, dan mungkin menyerupai Windows pada Linux. Ini gara-gara beberapa hari belakangan saya berkutat dengan komputer-komputer lawas yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP yang sudah lama kedaluwarsa. Saya pun memutuskan menambahkan Xfce ke dalam openSUSE Leap 42.1 yang saya gunakan.

Saya rasa hasilnya kemudian memuaskan, apalagi karena dibangun dengan sudah memiliki desktop Gnome sebelumnya, aplikasi Gnome seperti Cuaca dan Peta masih bisa digunakan dengan baik.

Banyak orang suka Xfce karena memang sederhana, ringan dan bisa digunakan dengan mudah – bahkan oleh mereka yang pertama kali menggunakan atau beralih ke Linux.

Tentu saja saya melakukan beberapa penyesuaian terhadap Xfce yang saya gunakan. Walau tidak seperti yang ditulis di ‘Xfce and openSUSE – Five steps to perfection‘, saya menggunakan sublimasi yang lebih sederhana.

Misalnya saja pada tampilan secara khusus, saya menggunakan gaya ‘Vertex Dark’, dengan ikon ‘Numix Circle’ yang tidak berubah dari Gnome, Fonta ‘Cabin Condensed’ 11 yang rasanya pas untuk Xfce, dan beberapa lainnya.

Saat ini, openSUSE Leap sudah menyediakan Xfce versi 4.12 – dan tentunya dengan sentuhan sendiri dari Tim openSUSE sehingga membuatnya lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan aslinya desktop ini.

Jadi, saat ini, saya akan menikmati dulu si tikus kecil yang lincah ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s