Ketidaktahuan Awal Kekhawatiran

Salah satu pertanyaan yang sulit dijawab pada awal mula datangnya seorang pasien untuk memeriksakan diri adalah, “Dok, apakah saya terkena kanker?” – Tampaknya kanker seperti penyakit yang menular yang dia bisa “kena” dan melompat dari satu orang ke orang lainnya. Dokter bukan paranormal yang bisa ‘tahu’ ini dan itu dengan seketika.

Pertanyaan seperti itu mengandung kekhawatiran, ketidakpastian, dan harapan. Padahal mungkin dia hanya mengalami sakit kepala namun kemudian takut berubah menjadi kanker – karena dia membaca di salah satu artikel di Internet, sakit kepala adalah salah satu ciri atau gejala kanker otak. Kekhawatiran ini tentu saja datang dari ketidaktahuan pasien akan kondisi yang dihadapinya.

Jika dokter bilang tidak bisa memutuskan apakah itu kanker atau bukan. Pasien akan meminta pemeriksaan yang lebih lengkap. Mulai dari pemeriksaan darah, yang entah ingin menunjukkan apa, hingga pemeriksaan canggih seperti MRI – yang jelas tidak akan ditanggung asuransi kesehatan tanpa adanya indikasi.

Ini adalah satu potret pengetahuan kesehatan di masyarakat akan sebuah kondisi yang umum terjadi. Dan ini adalah sesuatu yang wajar, tidak hanya terjadi di negara kita, kadang di luar negeri bisa jadi gambarannya serupa. Walau dokter tidak akan khawatir, bahwa kondisi ini tidak selalu terjadi.

Ketidaktahuan adalah awal kekhawatiran

Adalah tugas dokter untuk menjelaskan kemungkinan yang terjadi pada pasien atas gejala-gejala yang dia keluhkan.

Sayangnya, transfer pengetahuan tidak sesederhana transfer uang dengan online banking; di antara banyak hal di seluruh dunia, pengetahuan mungkin yang paling sulit dipindahkan.

Apalagi media tidak terlalu banyak membantu. Saya tidak punya televisi, tapi saya yakin tayangan mengenai pendidikan kesehatan tidak banyak memakan tempat di dalamnya. Sementara di tempat saya sendiri, siaran radio dijejali oleh iklan-iklan ‘obat alternatif’ yang konon bisa menyembuhkan segala jenis penyakit, dan mendengarnya kadang merasa dibawa ke negeri penuh keajaiban.

Mengenai masalah kesehatan, sederhana sekali, berusahalah untuk selalu hidup sehat. Dan berkonsultasilah mengenai masalah kesehatan pada mereka yang memang berkompetensi di bidangnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s