Aplikasi Statistik – PSPP pada openSUSE 42.1 Leap

Saya memang tidak sering menggunakan aplikasi statistik, bahkan bisa dibilang kompetensi di bidang statistik sangat memprihatinkan. Namun sebagai lulusan sarjana, tentunya buta statistik juga akan sangat memalukan. Meski pun tidak pandai menghitung secara manual dengan rumusan yang bermacam-macam, setidaknya masih mampu menggunakan aplikasi statistik sederhana.

Walau dulu ketika kuliah saya belajar menggunakan SPSS, karena sudah dilisensikan ke kampus. Tapi sebagai pribadi saya tentu saja harganya tidak bisa saya jangkau, harga lisensi SPSS dari IBM saat ini untuk edisi dasar mencapai $ 1.200, untuk yang edisi standar berkisar pada harga di atas $ 2.600, dan bagi profesional perlu merogoh kocek lebih dari $ 5.000 hingga golongan premium di atas $ 7.000 – dan ini hitungannya per tahun. Jika saya hidup dari pengelolaan data statistik dengan margin keuntungan ratusan hingga jutaan dollar amerika per tahun, saya rasa wajar saya akan membeli lisensi itu dan memperpanjangnya ketika dibutuhkan. Sayangnya tentu saja kali ini tidak demikian.

Saya memilih memanfaatkan aplikasi open source yang gratis seperti GNU PSPP yang disediakan secara luas. Pada distribusi Linux openSUSE yang saya gunakan, edisi PSPP bisa diunduh dengan menambahkan reposiroti pendidikan (education repo) terlebih dahulu, walau sayangnya tidak dinyatakan sebagai versi stabil. Paket PSPP untuk openSUSE disediakan secara gratis dan bisa dipasang dengan mekanisme 1-click-install seperti biasa.

Bahkan belum tentu dalam setahun saya akan mengerjakan satu buah perhitungan statistik, hanya saja ketika saya perlu, maka aplikasi seperti ini sudah tersedia bagi saya.

Tentu saja bagi mereka yang lebih ‘advance’ mereka bisa memilih menggunakan baris perintah untuk bekerja dengan PSPP, atau menggunakan aplikasi-aplikasi sejenis seperti R Project yang juga gratis untuk melakukan perhitungan statistik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s