Haruskah Beralih ke Microsoft Office 2016

Jika Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows atau Mac OS X, tentu aplikasi perkantoran Microsoft Office merupakan bagian dari keseharian yang sering tidak terpisahkan. Kecuali saya yang walau memiliki laptop dengan Windows 10, namun tidak berisi perangkat lunak Microsoft Office di dalamnya. Rilis terbaru Microsoft Office 2016 memang sudah lama dilempar ke pasar, namun apakah perlu beralih?

Pertama, ada baiknya kita melihat dulu, apakah mesin komputer atau laptop kita siap beralih? Lihat dulu kebutuhannya:

  • Required Processor : 1 gigahertz (Ghz) or faster x86- or x64-bit processor with SSE2
  • Required Operating System : Windows 7 or later, Windows Server 2008 R2, or Windows Server 2012
  • Required Memory: 1 GB RAM (32 bit); 2 GB RAM (64 bit)
  • Required Hard Disk Space: 3.0 GB available disk space
  • Required Display: 1280 x 800 resolution
  • Graphics: Graphics hardware acceleration requires a DirectX 10 graphics card.

Jika laptop atau komputer kita belum memenuhi standar di atas, lupakan saja menggunakan Microsoft Office 2016, gunakan yang lawas saja.

Apakah Anda masih menggunakan Microsoft Office 2003 atau 2007? Uh, maka segera ganti saja!

Jika yang tampak menggunakan Microsoft Office 2010, maka bisa berpikir ulang, karena kemampuan Office 2010 masih sangat mumpuni. Tapi dilihat kali, karena dukungan utama untuk Office 2010 sudah kedaluwarsa, walau untuk dukungan perpanjangan (jika Anda memang memiliki jenis dukungan ini) sampai 13 Oktober 2020. Tapi kebanyakan orang tidak memiliki dukungan ini. Sehingga ada istilah “BIG YES” jika Anda hendak berpindah ke Office yang lebih baru.

Bagi pengguna Mac, mereka mungkin sempat disanjangi oleh Microsoft Office 2011 untuk Mac, dukungannya akan kedaluwarsa pada 10 Oktober 2017, jadi masih ada waktu setahun lagi untuk pikir-pikir pindah, tidak perlu buru-buru, siapa tahu ada produk baru lagi.

Bagi pemegang lisensi Microsoft Office 2013, masa hidup perangkat ini adalah hingga 10 April 2018, masih ada sekitar dua tahun kurang sedikit untuk menikmatinya. Dan extended service hingga 2023, cukup lumayan jika Anda memiliki fitur ini. Sehingga pengguna Microsoft Office 2013 tidak wajib pindah, kecuali memang mengejar trend dan fitur anyar, atau kecuali menggunakan Office 2013 edisi bajakan (non-genuine license).

Jika hendak pindah ke Microsoft Office 2016, perlu dipertimbangkan bahwa masa hidupnya hanya sampai 13 Oktober 2020. Biaya lisensi juga lumayan, untuk edisi rumahan (Word + PowerPoint + Excel  + OneNote) sekitar Rp 1.700.000,00 (atau lebih murah jika ada diskon), hingga versi rumahan plus bisnis sekitar Rp 3.500.000,00. Untuk masa hidup sekitar empat tahun, ini berarti biaya Office ini adalah sekitar Rp 35.000,00 – Rp 73.000,00 per bulan.

Jika Anda memiliki komputer baru dengan Windows 10 dan akan berencana menggunakan komputer yang sama dalam empat lima tahun ke depan, maka pembelian lisensi ini cukup layak dipertimbangkan. Lebih terjangkau dibandingkan menggunakan linsensi Office 365 tentunya (terkait fitur cloud yang mungkin tidak diperlukan/digunakan oleh kebanyakan pengguna di negara kita).

Kunjungi http://aka.ms/office2016new untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai fitur baru di Microsoft Office 2016 sebelum Anda memutuskan untuk membeli lisensinya.

Iklan

2 tanggapan untuk “Haruskah Beralih ke Microsoft Office 2016

  1. Saya menggunakan Ms. Office 2011 edisi pelajar saja Bli, dulu murah saat ditawari di toko pas promo dan tidak berpikir pindah, Word dan PP nya bagus dan lebih menarik ketimbang yang di windows karena banyaknya pilihan templete, namun sekarang sudah tidak terlalu terpakai lagi semenjak lulus kuliah. Pekerjaan sekarang lebih mengandalkan excel, sementara excel di Mac saya rasa lebih mumpuni yang di Windows.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s