Patreon – Dukungan bagi Pencipta Konten Kreatif

Apakah Anda seorang pencipta konten kreatif? Seperti penulis fiksi, pencipta lagu, peracik resep masakan, pembuat video animasi dan sebagainya. Namun Anda belum tahu dari mana bisa mendapatkan penghasilan dari konten kreatif Anda.

Menulis novel belum tentu bisa diterbitkan dan laku, atau jika ditulis online, belum tentu akan bisa mendapatkan penghasilkan dari iklan pihak ketiga misalnya.

Tapi jika Anda memiliki basis penggemar atau pendukung yang bersedia membantu Anda, maka Patreon sangat layak dipertimbangkan untuk menjadi solusinya.

Patreon tidak seperti startup yang membutuhkan banyak keahlian dan sumber daya manusia untuk menciptakan sebuah karya. Karena Patreon lebih ditujukan bagi seniman perseorangan. Tentu saja dengan karya-karya yang spesifik.

Dengan menggunakan Patreon, Anda bisa mengundang para pendukung atau penggemar Anda untuk memberikan kontribusi (patron) terhadap janji target yang Anda buat (pledge) terhadap konten yang hendak ada berikan.

Kontribusi berupa sumbangan finansial bisa diberikan per bulan atau per konten diterbitkan. Misalnya per lagu yang Anda ciptakan maka para patron Anda akan memberikan sumbangan sebesar yang telah ditentukan.

Mintalah besar sumbangan yang Anda nilai setara dengan konten yang Anda ciptakan. Dan jangan meminta secara berlebihan. Maka seiring dengan berkembangnya dan bertambahnya jumlah patron dan komunitas fans Anda, maka jaminan finansial Anda akan semakin baik dan Anda dapat tetap fokus terhadap penciptaan konten kreatif.

Namun jangan lupa sesekali menyapa para patron Anda, sedemikian hingga Anda tetap dekat di hati mereka.

Jika Anda berminat bergabung dengan Patreon, silakan menggunakan tautan referensi saya berikut ini: patreon.com/invite/.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s