Karena Matahari Diam

Beberapa waktu lalu, saya mendengarkan ‘orasi’ yang ‘mempertanyakan’ mana yang dipercayai oleh orang-orang? Apakah bumi diam dan matahari yang bergerak, atau sebaliknya matahari yang diam dan bumi yang bergerak mengelilinginya?

Ada dua hal menggelikan yang saya dengar telah disampaikan. Pertama bahwa menurut ‘buku IPA’ yang dalam catatan merupakan pengetahuan yang diberikan resmi di sekolah-sekolah, bahwa matahari diam dan bumi yang bergerak. Dia mempertanyakan, jika bumi bergerak, bagaimana nantinya pesawat bisa mendarat? Jika matahari diam, bukankah tidak sesuai dengan yang dinyatakan dalam ***** yang dia imani bahwa matahari dikatakan bergerak.

Saya dari jauh hanya diam dan tersenyum geli. Oke, Anda boleh tidak belajar astrofisika, tapi setidaknya jangan bolos dari kelas IPA dulunya. Saya belum pernah menemukan pernyataan dalam buku IPA bahwa matahari itu diam. Mungkin ada buku model baru yang menjelaskan berbeda?

Sepertinya perdebatan bumi datar dan bulat belakangan ini hanya mendatangkan mereka yang matang separuh-separuh berbicara di depan publik dan semakin menyesatkan banyak orang.

Mungkin karena matahari hanya diam, tak pernah protes orang-orang mengatakannya diam atau bergerak. Dia hanya diam seribu kata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s