Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) telah berakhir di tahun 2015, dan sejak tahun 2016 hingga tahun 2030 akan dilanjutkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) berharap cakupan yang universal, terintegrasi dan tidak ada yang ditinggalkan di belakang.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) memiliki 17 tujuan, dengan sekitar 169 indikator, dan 230 indikator. Jika tercapai maka diharapkan mampu mengurangi kemiskinan, melindungi bumi dan lingkungan hidup, serta menjamin kesejahteraan bagi semua orang.

Di dunia kesehatan misalnya, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, kesetaraan gender, lalu akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak.

Dunia kesahatan juga masih memiliki ‘pekerjaan rumah’ yang dibawa sejak era MDGs, misalnya isu-isu mengenai angka kematian ibu, angka infeksi HIV, akses terhadap kebutuhan KB, pernikahan anak, angka kelahiran di usia remaja, dan gizi buruk pada anak serta remaja.

Ini adalah masalah nyata yang akan masih kita hadapi ke depannya. Apakah Indonesia bisa? Ini adalah pertanyaan yang hendaknya kita jawab bersama-sama.