Krisis Tenaga Kesehatan

Populasi dunia terus bertambah dengan cepat, namun tidak demikian halnya dengan hal-hal lain, dalam hal ini tenaga kesehatan salah satunya.

Dunia kesehatan merupakan dunia yang kompleks, penuh ahli dari pelbagai disiplin ilmu kesehatan. Baik yang di lapangan, pengembang kebijakan, hingga mereka yang bergerak di bidang penelitian kesehatan.

Tuntutan akan pemenuhan tenaga kesehatan dirasakan di banyak tempat. Jangankan wilayah terpencil, kota besar pun masih sering mengalami tumpukan antrean pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

Kesehatan preventif masih belum memperlihatkan hasil yang diharapkan. Banyak penyakit yang dapat dicegah masih kadang melonjak angka kejadiannya. Edukasi kesehatan gagal? Mungkin terkait dengan minat membaca dan belajar masyarakat kita yang kurang?

Regulasi juga semakin ketat (baca: alternatif membaik), fasilitas layanan kesehatan diwajibkan memenuhi standar mutu tertentu sehingga dianggap laik dalam melayani masyarakat. Demikian juga dengan tenaga kesehatan wajib memiliki sertifikasi yang tidak sedikit dalam melaksanakan tugasnya sedemikian hingga dianggap kompeten. 

Dan pada akhirnya, kita masih tetap melihat layanan kesehatan yang terseok-seok. Untungnya, banyak pihak di dalam sistem kesehatan ini adalah mereka yang penuh dengan semangat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s