Tak Terjawab

Selain melalui media elektronik tulisan, spam saat ini bisa berdatangan dari media komunikasi lisan – telepon merupakan salah satunya. Penawaran yang paling sering adalah asuransi dan kartu kredit. Walau tidak sering, namun penawaran ini datang berkala, dan pada waktu-waktu yang ‘mengganggu’.

Belakangan tidak lagi datang dengan menggunakan nomor resmi kantor, namun juga dengan nomor ponsel pribadi. Lama-lama saya berpikir, ajian ‘promo’ macam ini semakin menggila. Sedemikian hingga, saya tidak lagi menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal.

Saya membiarkan cukup banyak panggilan tidak terjawab di ponsel saya, jika nomor tersebut tidak dikenal.

Saya sendiri juga sudah tidak menerima panggilan melalui WhatsApp, pertama karena jaringan internet di tempat saya tidak begitu bagus kualitasnya, kedua karena WhatsApp saya tidak bisa terhubung tanpa koneksi WiFi.

Saya masih menggunakan Skype untuk menelepon, karena saya membeli kredit tahunan untuk layanan Skype. Tapi kembali pada kualitas jaringan di kantor maupun di rumah, Skype tidak berfungsi dengan baik dengan jaringan yang kurang memadai.

Alasan terlalu malas untuk mengganti jaringan dari operator Indosat membuat saya menjadi fakir konektivitas di pelbagai situasi. Walau pun BlackBerry Passport yang kini menemani saya mampu melaju kencang pada jaringan 4G LTE, tapi sayangnya jaringan tersebut tidak menjangkau tempat-tempat yang menjadi mayoritas posisi keseharian saya. Jangankan mencicipi VoIP pada jaringan 4G, bahkan voice call klasik sering terputus dengan sendirinya.

Media komunikasi klasik yang masih bisa saya gunakan saat ini adalah surat elektronik. Dan ini akan berlaku dalam pelbagai kesempatan. Tidak memerlukan jaringan data berkualitas tinggi, dan bisa menampung percakapan dari yang paling efisien hingga yang padat multimedia.

Saya masih bisa menerima SMS, tapi karena pulsa saya 95% terkonversi menjadi data, maka saya tidak akan bisa membalas SMS tersebut. Dan ya, dibandingkan SMS klasik, saya masih bisa dapat juga dihubungi melalui Telegram, karena layanan ini bisa diakses di banyak gawai dan komputer yang saya gunakan.

Iklan

2 tanggapan untuk “Tak Terjawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s