Perubahan pola hidup masyarakat menyebabkan pergeseran pola masalah kesehatan yang dihadapi oleh kelompok masyarakat itu sendiri. Jika dulu di Indonesia banyak terdapat kasus penyakit infeksi – maka kini penyakit infeksi yang dulu populer semakin sedikit kita temukan, misalnya kusta dan polio.

Namun saat ini, masalah kesehatan mendapatkan bentuk tantangan lainnya, yaitu penyakit-penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes dan sebagainya.

Pola hidup sehat bisa membuat kita mencegah peningkatan angka kejadian penyakit tersebut di masyarakat, atau memberikan kesempatan mereka yang sakit sedemikian hingga tetap produktif dan tidak mengalami gangguan kesehatan komplikasi yang bermakna.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat – GERMAS[1. GERMAS. Berita pada URI: http://www.depkes.go.id/article/view/16111600003/pemerintah-canangkan-gerakan-masyarakat-hidup-sehat-germas-.html. Terakhir diakses pada 12 April 2017], merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah untuk mengajak masyarakat bergotong royong bersama-sama saling membantu mewujudkan masyarakat yang sehat.