4 GB RAM Tak Pernah Cukup untuk Windows 10

Ketika awal membeli notebook, saya merasa bahwa besar RAM sekitar 4 GB pada sistem operasi Windows 10 64 bit akan setidaknya mencukupi. Namun ternyata saya baru menyadari bahwa saya bisa jadi keliru.

Setelah saya melakukan peningkatan kapasistas RAM pada saat servis sebelumnya, saat ini saya menyadari bahwa ternyata untuk beberapa kinerja sederhana, misalnya membuka 4 tab Peramban Internet Opera dan klien surel Mozilla Thunderbird dan aplikasi cermin dekstop WhatsApp sudah membuat pemanfaatan RAM yang luar biasa tinggi (menggunakan 2400 MHz).

Capture
Konsumsi RAM – Sistem monitor Windows 10 pada saat membuka: Opera, Thunderbird, dan WhatsApp.

Bekerja dengan nyaman, tanpa tersendat dengan menggunakan sejumlah aplikasi ‘wajar’ pada sistem operasi Microsoft Windows 10 ternyata memerlukan sumber daya yang lebih banyak dari yang saya bayangkan.

Untuk ke depannya, saya mungkin tidak akan berani memberikan rekomendasi notebook hanya dengan 4 GB RAM bagi mereka yang hendak menggunakan sistem operasi Windows 10, karena akan cukup memberikan pengaruh pada kenyamanan bekerja.

Setiap orang akan memiliki pengalaman yang berbeda, ada yang cukup nyaman dengan 2 GB – 4 GB RAM saja, tapi kenyataan mungkin tidak banyak yang berpendapat sama.

Iklan

2 thoughts on “4 GB RAM Tak Pernah Cukup untuk Windows 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s