Tidur saat Cuaca Panas

Belakangan ini cuaca lumayan dingin, tapi ada waktu di mana cuaca cukup panas dan mengganggu tidur malam. Bahkan kucing pun jadi lebih suka tidur di lantai daripada di sofa pada malam yang panas.

Sayangnya, baik malam yang panas ataupun yang dingin sering menjadi penyebab gangguan tidur yang tidak mengenakkan. Dan membuat bangun pagi kurang terasa segar.

Ada satu atau dua pasien yang juga mengeluh gangguan tidur di saat perubahan cuaca yang drastis. Kebanyakan merupakan pasien lansia, sementara anak muda cukup jarang mengeluhkan gangguan tidur.

Tentu saja gangguan tidur juga harus dipisahkan kemungkinan pencetusnya antara cuaca atau kondisi psikologis, atau mungkin keduanya.

Sayangnya, tidak banyak orang yang bisa mengakses lingkungan yang bisa menunjang kondisi tidur yang nyaman. Tempat tinggal saya sendiri lumayan nyaman, di perbukitan dengan cukup hutan hijau dan jauh dari jalan utama. Tentu saja ruang tidur yang bisa kedap suara luar, dengan minim pencahayaan plus pengatur suhu udara ruangan adalah suatu nilai lebih untuk memberi kualitas tidur yang baik – yang kembali tidak semua orang bisa mengaksesnya (termasuk saya).

Desain rumah mungkin bisa membantu, rumah dengan aliran udara yang baik bisa membantu menjaga suhu secara baik. Hanya saja apakah desain ini bisa membantu ketika cuaca sekitar menjadi cukup panas pada malam hari?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s