Final Fantasy Awakening di Android

Yang mengingat masa-masa Final Fantasy klasik dulu, tentunya tidak akan melewatkan rilis Final Fantasy Awekening di Android. Versi ini merupakan salinan dari versi Type-0 hanya saja berbahasa Indonesia. Mengusung konsep MMO – permainan ini menjadi menyenangkan karena banyak orang yang bisa turut serta dalam petualangan khas Final Fantasy secara daring.

FFtype-0
Cuplikan Layar Final Fantasy Awakening di Android

Saya baru mencoba menjelajah beberapa hari, dan menemukan sudah ada server baru yang dibuka. Sepertinya permainan video ini sedang naik daun dan menyerap banyak minat pemain pemula.

Meskipun disediakan secara gratis, pengembang juga menyajikan fitur pembayaran bagi sejumlah item (diamond). Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit atau debit online melalui Google Play, atau juga dengan top up di situs resmi mereka.

Keuntungan dengan fitur pembayaran adalah pemain mendapatkan ‘kesempatan’ lebih baik dalam menjelajah alur cerita lebih cepat dibandingkan dengan pemain lainnya. Tapi jika tidak pandai memanfaatkan kesempatan ini, maka saya rasa tidak ada yang terlalu berbeda.

Bagaimana perbandingannya dengan Final Fantasy klasik?

Kebanyakan seri yang saya mainkan sebelumnya bukanlah MMORPG, namun RPG klasik. Mulai dari seri VII, VIII, IX, X (masih menunggu tuntas sebelum X-2) dan seri XIII. Setiap seri punya cita rasa sendiri, namun tentunya masih sangat khas seri Final Fantasy.

Tapi pada Final Fantasy Awakening, saya tidak menemukan cita rasa ini, lebih mirip seperti MMORPG lainnya. Permainan ini bagus, namun tidak ‘berasa’ Final Fantasy, walau dengan sistem yang mirip, misalnya summon dan sebagainya.

Untuk menikmati permainan ini, versi gratis sudah lebih dari cukup. Jika memiliki cukup uang. Maka mungkin lebih baik mempertimbangkan membeli Final Fantasy Type-0 HD di Steam Store.

Untuk harga item yang dijual di versi berbayar memang cukup mahal, tapi jika pemain suka khilaf, maka bisa jadi merupakan target pengembang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s