Mendengarkan Radio Favorit di Komputer

Radio online sekarang menjadi pilihan hiburan di saat bosan. Saya sendiri memiliki stasiun radio online favorit (edisi gratisan). Biasanya saya mendengarkan radio menggunakan perangkat BlackBerry Passport karena kualitas suara yang jernih. Namun saya juga ingin mendengarkannya di komputer.

Karena saya sudah tidak menjalankan sistem operasi Linux, maka saya hanya bisa memanfaatkan Windows Media Player secara sederhana di Windows 10. Windows Media Player sendiri sudah mendukung untuk menjalankan radio daring ini.

Capture
Tampilan Windows Media Player – Windows 10 saat memutar stasiun radio.

Stasiun radio favorit saya adalah Whispering: Solo Piano Radio. Untuk memutar stasiun radio pada Windows Media Player, cukup dilakukan dengan membuka URL target, mirip dengan ketika menggunakan pemutar media lainnya, seperti AIMP, maka cukup dengan menekan kombinasi tombol “CTRL + U” pada papan ketik sudah akan memberi akses ke menu yang diinginkan.

Misalnya untuk stasiun radio ini, saya akan memasukkan alamat URL: http://vistaweb.streamguys.com/pianosolo64k.asx.

Tentu saja saya hanya memutar radio ketika mendapatkan akses WiFi gratis, karena setidaknya akan menghabiskan 1 GB data untuk sekadar mendengarkan 500 lagu. Kalau hanya sesekali mungkin akan baik-baik saja, tapi jika keseringan, jatah data bisa berdarah-darah.

Saya tidak berlangganan Spotify atau sejenisnya, karena memang tidak banyak jenis lagu yang ‘bisa’ saya dengarkan saat waktu luang. Cara-cara sederhana untuk menikmati musik justru lebih menarik bagi saya.

Iklan

2 tanggapan untuk “Mendengarkan Radio Favorit di Komputer

  1. kalau untuk gratis dan bergenre jazz, saya merekomendasikan jazzradio.com atau rock di rockradio.com (perusahaan pengelolanya sama) … keunikan radio online ini memiliki plalist setiap sub genre .. jadi bukan hanya sekedar jazz dan rock. kalau mau spesifik seperti jazz swing atau hardbob, kita bisa memilihnya. samahalnya dengan di rockradio. kita bisa memilih mendengarkan playlist rock top 40 atau yg spesifik , dari soft rock sampai black metal :mrgreen:

    Suka

  2. memang nikmat tinggal di zaman 2.0 … dulu akhir 90an ketika saya masih tinggal di luar indonesia, akses berita ke indonesia (yang saat itku sedang pergantian kekuasaan) hanya terbatas di website berita dan radio indonesia. kita bisa mendengarkan radio indonesia pakai radio Grundig yg world band receiver … dan yang paling bagus suaranya cuma RRI dan radio belanda berbahasa indonesia … sekarang mah saya tidak perlu lagi ke bandung hanya untuk menikmati renyahnya suara teteh-teteh di radio jazz KLCBS

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s