Menyusun Lini Masa Proyek Dalam PowerPoint

Sebenarnya saya ingin agar fitur sejenis tersedia juga pada perangkat lunak LibreOffice, sayangnya Office Timeline hanya tersedia sebagai tambahan pada Microsoft Office PowerPoint (dan versi PRO bahkan berbayar). Untuk kebutuhan menyampaikan lini masa sebuah proyek melalui presentasi, saya belum menemukan metode lain yang lebih mudah untuk digunakan.

Saya menggunakan Office Timeline sudah sejak setahun belakangan ini dalam volume penggunaan yang tidak terlalu banyak. Sehingga saya memilih versi gratis terbatas, dibandingkan yang berbayar.

Sayangnya versi gratis tidak bisa menampilkan GanttChart, seandainya bisa tersambung dengan perangkat lunak seperti GanttProject mungkin akan lebih menyenangkan lagi.

Setidaknya fitur Tugas (Task) dan Penanda (Milestone) tersedia untuk versi gratis dan cukup layak digunakan menampilkan perencanaan dan perjalanan proyek. Sedangkan fitur lain, seperti menampilkan sudah berapa persen proyek terlaksana, hanya tersedia pada versi PRO dengan lisensi tahunan.

Saya menggunakan Microsoft Office 365 64-bit, yang dukungan Office Timeline tampaknya belum tersedia. Sampai saat ini, asalkan sudah dipenuhi kebutuhannya (.NET Framework & VSTO), semuanya berjalan dengan lancar, jika tidak maka PowerPoint akan berjalan tersendat-sendat dan sangat mengganggu.

Sayangnya, dukungan pelokalan dalam bahasa Indonesia belum tersedia. Dan tampaknya memang tidak akan tersedia dalam jangka panjang. Jumlah tugas dan penanda yang bisa ditambahkan juga terbatas, mengingat lebar layar salinda juga terbatas.

Selain dari itu, saya rasa, untuk presentasi perencanaan atau pelaporan pengerjaan suatu proyek kecil, ini sudah cukup baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s