Membakar Cakram Padat pada Windows 10

Sekitar satu dasawarsa yang lalu atau lebih, setiap kali seseorang hendak membakar (burning) CD/DVD dari Windows 98 atau XP yang populer ketika itu, maka pilihan yang juga populer ada Nero Burning ROM. Namun saat ini, teknologi pada Windows 10 tidak lagi mengharuskan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi tetap saja ada orang-orang yang tidak akan pernah terbiasa untuk membakar cakram padat tanpa aplikasi pihak ketiga, karena merasa ada sesuatu yang kurang.

Jika berbicara tentang membuat DVD multimedia, maka asalinya Windows 10 tidak bisa melakukannya. Karena Windows DVD Maker sudah tidak didukung lagi oleh Windows 10 1, apa yang didukung adalah membakar data ke dalam CD atau DVD yang mungkin data tersebut adalah data multimedia, sementara untuk membuat DVD sendiri disarankan menggunakan aplikasi pihak ketiga 2.

Oleh karena itu, jika hendak membakar CD/DVD multimedia, maka Windows 10 jelas memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Sementara jika membakar CD/DVD untuk membuat media instalasi Windows itu sendiri, misalnya membuat DVD instalasi Windows 10, maka ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan. Mengikuti panduan resmi sangat direkomendasikan untuk ini, baik untuk membuat DVD instalasi Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10 3.

Untuk membakar data ke cakram padat, sebenarnya mirip dengan memindahkan data ke cakram keras (HDD/SDD) atau cakram kilat (UFD). Tinggal menyeret dan menjatuhkan data yang hendak dibakar ke map (folder) CD/DVD, dan ikuti pilihan yang diberikan. Jika tidak keliru, Windows hanya mengizinkan 16 karakter alfanumerik untuk dijadikan nama/judul CD/DVD.

Saya sendiri memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan kegiatan wajar ini, walau tentunya tidak menolak cara yang ditawarkan oleh Windows itu sendiri.

Ada sejumlah aplikasi gratis yang tersedia untuk melakukan fungsi ini, walau tampaknya belum ada aplikasi yang masuk ke dalam Windows Store. Misalnya saya akan menggunakan BurnAware 4 yang pengembangan relatif masih aktif dan bisa digunakan pada Windows 10, dan tersedia gratis bagi kegiatan non-komersial dengan batasan tertentu. Ada pilihan lain juga misalnya CDBurningXP, ImgBurner, Ashampoo Burning Studio Free dan sebagainya, tergantung selera pengguna.


  1. Make DVDs on Windows 10 – Microsoft Support. 
  2. How do I burn a video CD/DVD on Windows 10?  – Microsoft Community. 
  3. Create installation media for Windows – Microsoft Support. 
  4. BurnAware – Free Burning Software and DVD Copying Software. 
Iklan

2 pemikiran pada “Membakar Cakram Padat pada Windows 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.