Sutra Putih

Sebuah negeri tidak berdiri begitu saja, bukan? Tapi pada generasi saya, kami tidak melihat langsung bagaimana negeri ini berdiri kecuali dari kisah-kisah yang diceritakan kembali dari generasi sebelum kami yang menjadi saksi mata perjuangan untuk melawan penjajahan.

Dan kisah-kisah mereka yang kemudian terekam dalam catatan sejarah negeri yang diterbitkan dalam untaian kata dan rangkaian kalimat di pelbagai karya tulis, serta media bagi generasi kami dan selanjutnya. Kami tak mengalami langsung, namun kami melihat kembali masa lalu negeri ini melalui mata mereka.

Kami tidak boleh lupa akan bagaimana negeri ini dapat berdiri, dan bagaimana terpaan ujian pada negara yang masih muda di kala itu. Jika tidak, kami akan khawatir kami dapat melupakan dan mungkin menyerah untuk negeri ini.

Selamat Hari Pahlawan, 10 November, di Tahun 2018.

Jangan biarkan generasi kami dan selanjutnya lupa, bahwa negeri ini bukan sekadar komoditi yang dapat ditimbang dan dinilai, bahwa negeri ini adalah tanah air tumpah darah setiap jiwa dari generasi ke generasi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.