Melakukan Sensor Kata Tak Layak di Blog

Sebagai seseorang yang melakukan publikasi tulisan melalui blog, saya selalu berusaha menjaga agar kata-kata yang tulis tetap sedap serta menghindari menulis kata-kata yang kurang senonoh.

Untuk sebuah blog, hal tersebut tidak terlalu sulit dilakukan. Sayangnya, ketika menulis sebuah karya fiksi, cerita pendek, dan sebagainya. Kadang kata-kata untuk memaki, atau sesuatu yang tidak pantas adalah bumbu. Kita tidak bisa menampilkan cermin kehidupan tanpa seluruh sisi tercerminkan.

Di sinilah sensor akan sangat bermanfaat bagi penulis saya. Sensor profanity atau kesononohan sudah lama menjadi bagian dari dunia maya yang sehat.

Apabila konten kita mengandung hal-hal yang kurang layak untuk dikonsumsi publik, ada dua hal yang bisa kita lakukan, pertama membatasi dengan pernyataan bahwa konten hanyalah untuk konsumsi golongan usia tertentu – NSFW misalnya, sedemikian hingga mesin pencari mengenalinya dan tidak akan menampilkannya untuk semua pengguna di luar batasan usia.

Kedua adalah menggunakan sensor, dengan menutup sebagian atau seluruh kata yang dinilai tidak pantas. Sensor dengan plugin seperti WP Content Filter1 bisa digunakan dengan kata-kata yang kita isi sendiri, atau jika menggunakan bahasa Inggris, ada sejumlah konten kata yang dilarang oleh Google2 misalnya bisa dijadikan patokan.

Ketika saya memilih beranda untuk menulis, hal ini belum terpikirkan oleh saya. Namun belakangan ini, pertimbangan ini sudah menjadi sebuah standar yang tidak terhindarkan, dan saya sudah mencoba menerapkannya untuk @arunametta. Ini adalah komitmen bagi saya untuk menjaga internet tetap sehat tanpa mengurangi apa yang dapat saya ekspresikan dalam tulisan saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.