Uji Coba ProWritting Aid

Menulis dalam bahasa Inggris memerlukan apa yang disebut sebagai proofreading, dan ada banyak jasa untuk itu. Sayangnya, jasa tersebut sering kali tidak affordable (tidak terjangkau dalam hitungan kita). Maka penulis mungkin akan mengandalkan Word Processor seperti Microsoft Office Word dan LibreOffice Writer dengan fungsi peninjauan ejaan (grammar) untuk melihat jika ada kesalahan. Lalu apakah ini cukup?

Singkat katanya tidak!

Saya pada awalnya percaya, ah masa cuma ngetik begitu saja perlu bantuan. Ternyata nyatanya memang demikian. Dulu ketika saya menguji coba pemikiran ini, ternyata keliru sekali, banyak tulisan yang ternyata benar-benar keliru secara lucu. Jika saya menghitung maka rerata adalah dua puluh lima setiap seribu kata, atau sekitar tiga dari setiap seratus kata yang saya tulis adalah keliru. Ini kesalahan yang fatal, itu baru tentang kata, belum lagi jika menilik tentang keterbacaan dan menghindari bingungnya pembaca.

Untitled
Tampilan Panduan Koreksi ProWriting Aid di salah satu

Ada sejumlah pilihan, misalnya Grammarly adalah yang saya lihat paling populer, namun tidak memiliki versi ujicoba pada Word, tapi mereka punya versi gratisnya.

Pada akhirnya, saya memilih mencoba ProWritingAid yang menjadi pilihan kedua. Mereka punya aplikasi yang bisa dicoba pada Word. Lisensi untuk PWA, sebut saja begitu, jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Grammarly. Misalnya saat ini PWA punya lisensi tahunan USD 50, maka lisensi Grammarly adalah 12 x USD 11,9 (jika dibayar tahunan). PWA juga memiliki lisensi Lifetime sekitar USD 175, cukup mahal, namun bagi mereka yang bekerja dengan penulisan dalam bahasa Inggris, ini akan menjadi nilai investasi yang terjangkau.

Pertimbangan lain adalah fitur anti-plagiarisme, di mana sistem sewajarnya bisa mengecek apakah ada indikasi plagiariat pada karya yang kita buat. Ini penting bagi pada peneliti dan civitas akademik.

Setelah saya mencoba beberapa saat, saya bisa melihat kekeliruan yang saya buat dalam menulis, dan saya bisa belajar banyak darinya.

Untuk Grammarly, mari kita bahas di lain kesempatan. Sementara itu yang ingin mencoba Pro Writing Aid secara cuma-cuma bisa mengakses melalui alamat afiliasi: Pro Writing Aid Writing Software.

Iklan

Satu pemikiran pada “Uji Coba ProWritting Aid

  1. Ping-balik: Uji Coba Grammarly – Bhyllabus – l'énigme

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.