Bilah Kerja, Atas atau Bawah?

Bilah kerja atau taskbar pada setiap tampilan desktop sistem operasi memiliki posisi yang khas, bagi kebanyakan penggunaan Windows, posisi ini secara asali ada di bagian bawah jendela kerja. Pengguna Mac OS memiliki bilah kerja di bagian atas dengan bantuan dok yang di bagian bawah. Tapi di manakah yang paling nyaman?

Saya sendiri paling nyaman sebenarnya ada di sisi kiri jendela kerja. Tapi untuk bekerja lebih cepat, terfokus dan efesien, saya menempatkan bilah kerja di bagian atas jendela kerja.

Capture

Tampilan Windows 10 dengan bilah kerja di bagian atas,

 

Sisi positifnya adalah saya bisa fokus ada ke sejumlah kecil area layar komputer atau laptop ketika melakukan navigasi antar jendela dan perintah kerja. Sehingga navigasi bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Sisi negatifnya, kadang dapat keliru memilih navigasi antar jendela atau navigasi dalam satu jendela yang sama. Tapi ketika terbiasa, kekeliruan ini dapat dihindari.

Menggunakan tombol jalan pintas Windows + TAB1, maka penampilan tugas bisa ditayangkan.

Capture

Windows + TAB = Open Taks View.

Kembali, saya akan mendapatkan fokus navigasi yang hanya ada di sekitaran pojok kiri atas layar.

Kebiasaan ini saya dapatkan ketika saya lama menggunakan Gnome 3 (bahkan sampai sekarang) pada sistem operasi Linux. Sehingga ini tetap saya bawa walau kini sudah menggunakan Windows 10.

 


  1. Lebih banyak tentang jalan pintas pada Windows bisa diakses di URL: https://support.microsoft.com/id-id/help/12445/windows-keyboard-shortcuts.