Scribble Hub

Scriblle Hub merupakan sebuah website yang disediakan bagi para penulis dan pembaca webnovel, seperti sebuah galeri karya tulis terbuka secara daring. Hanya saja, tulisan yang diterima adalah tulisan dalam bahasa Inggris saja. Tapi mengapa saya membahas ini?

Hal yang tidak menyenangkan dari mengelola website pribadi adalah kadang kita tidak bisa menyelesaikan masalah terkait kendala teknis tanpa bantuan ahli. Bahkan walau pun saya sudah beberapa tahun mengelola sendiri situs web berbasis WordPress, kadang saya masih bertemu dengan kendala-kendala teknis yang menyebalkan. Beberapa minggu ini saya mendapati redirect loop pada saat hendak login, dan ini benar-benar menganggu, saya malas memperbaikinya ketika masalah itu muncul kembali.

Oleh karena itu, saya mencari sebuah beranda menulis alternatif, dan saya menemukan Scribble Hub. Tentu ada pilihan lain seperti WattPad, sayangnya – kesepakatan penggunaan layanannya kurang saya ‘sepakati’. Ada juga Qidian International, kadang saya juga pertimbangkan.

Singkat cerita saya pun mulai memindahkan tulisan berbahasa Inggris ke Scribble Hub.

Scribble Hub

Bagi para penulis, Scribble Hub memberikan fitur dengan fungsi yang cukup nyaman. Misalnya saja dari identitas novel, penulis dapat menambah sampul (cover), sinopsis, jenis (genre), penanda (tags), jenis hak cipta, peringatan konten (jika ada konten NSWF), status novel (berlanjut atau tamat, atau hiatus).

Bagi penulis yang hendak mendapatkan dukungan finansial dari para pembacanya, atau pembaca yang hendak memberi dukungan pada penulis, Scribble Hub menyediakan tautan menuju PayPal, Patreon dan/atau Ko-fi.

Sementara bagi para pembaca ada fitur seperti mengikuti webnovel yang mereka sukai, memberikan favorit atau berkomentar dan menghubungi penulis novel langsung. Sistem navigasi juga cukup nyaman untuk dilihat lewat peramban ponsel.

Jika Anda berminat dengan publikasi ‘amatir’ karya tulis berbahasa Inggris, maka Scribble Hub bisa dicoba menjadi wahana publikasi tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.