Antergos Linux Tutup Usia

Sebagai salah satu pengguna Linux, saya sudah mengalami banyak distribusi sistem operasi Linux muncul dan tumbang, beberapa di antaranya cukup bagus. Antergos Linux Project merupakan distribusi pertama yang membuat saya berani mencicipi Arch Linux sekitar lima tahun yang lalu. Saat itu Antergos lebih menarik dibandingkan Manjaro bagi saya, dan saya mengalami masa-masa yang menyenangkan bersama sebuah distribusi rolling-release. Komunitas yang kecil namun antusias sangat membantu dalam banyak hal benar-benar membuat betah mencoba sesuatu yang serba baru. Tapi kini Antergos telah tutup usia.

Dalam rilis resmi di blog Antergos, pengembang Antergos menyatakan tidak dapat memberi perhatian lebih banyak lagi untuk proyek ini, dan membiarkannya terbengkalai akan tidak memuaskan komunitas. Dan pengguna tidak perlu khawatir, karena akan ada pembaruan ke depan yang memberikan penghapusan terhadap seluruh unsur Antergos, dan memberikan Arch tanpa Antergos pada pengguna.

Seberapa banyak pengguna Antergos? Mungkin tidak terlalu banyak, dengan hampir satu juta unduhan berkas ISO sepanjang lima tahun, tidak bisa dibilang sebagai pengguna yang besar. Tapi bukankah itu sangat baik bagi sebuah proyek yang dimulai sebagai hobi?

Pada pertengahan dasawarsa pertama abad ke-21, antusiasme pengguna distribusi Linux meningkat. Mungkin ada yang pernah ingat bahkan Ubuntu pernah mengapalkan secara cuma-cuma distribusi Linux mereka seluruh dunia bagi yang berminat. Proyek-proyek distribusi kecil berbasis Ubuntu kemudian bermunculan, walau sedikit yang bertahan dan populer sampai sekarang seperti Mint, elementary, deepin, dan Zorin.

Sejumlah pengguna yang telah tumbuh dan memasuki dunia kerja, mungkin tidak lagi menggunakan Linux, seperti saya misalnya yang beralih menggunakan Windows. Tapi antusias tidak berubah, bahkan distribusi baru bermunculan, sebut saja seperi MX Linux yang berbasis Debian atau Solus yang berdikari, mereka sebelumnya tidak muncul pada era di mana saya pertama kali berjabat tangan dengan Linux.

Saya mengucapkan terima kasih pengembang dan komunitas Antergos, serta mengucapkan selamat tinggal kepada proyek yang baik ini. Bagi distribusi yang masih bernapas kuat, live long and prosper!

Iklan

3 tanggapan untuk “Antergos Linux Tutup Usia

  1. Suatu usaha 5 tahun yang menakjubkan untuk terus mengembangkan, mungkin aku ini akan menjadi tinjaun ku kedepan untuk racikan ku. Terima kasih , untung postingan ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.