Visualisasi Data di PowerPoint dengan Power-user

Visualisasi data adalah topik yang penting dalam melakukan presentasi, karena informasi yang kita sampaikan pada para pemirsa kita adalah berupa data – oke kecuali Anda sedang menyampaikan dongeng itu beda lagi. Tulisan sahabat baik saya dalam “Riset: visualisasi data kesehatan Indonesia sulit dibaca, apa penyebabnya?” mengungkapkan masih lemahnya kemampuan kita dalam melakukan penyampaian data melalui visualisasi.

Apa yang bisa membantu Anda melakukan visualisasi data dengan baik? Tentu saja pendukung seperti perangkat lunak dan aplikasi.

Apalagi ketika kita berbicara mengenai presentasi, kita akan lebih suka melirik media presentasi sejuta umat – Microsoft PowerPoint. Tinggalnya sejenak Prezi yang dibahas sebelumnya.

Saya akan memilihkan salah satu tambahan pengaya PowerPoint yang bernama Power-user yang bisa digunakan untuk melakukan visualisasi data via PowerPoint (plus juga bisa pada Microsoft Word).

Anotasi 2019-11-20 160509
Pratampil Pita Power-user pada PowerPoint 365 / Windows 10.

Mengapa saya memilihkan ini? Karena ini tersedia secara gratis bagi para mahasiswa/pelajar dengan mendaftar menggunakan akun surat elektronik akademik masing-masing. Bahkan Anda bisa meminta penanggung jawab TI di kampus untuk bisa menyediakan kerja sama antara kampus dan pengembang perangkat lunak ini, sehingga bisa disediakan bagi mahasiswa.

Sebenarnya visualisasi data hanya satu dari beberapa kemampuan power-user, yang di antaranya termasuk:

  • Merapikan presentasi (berbahasa Inggris);
  • Agenda
  • Chart+
  • Mengganti warna
  • Simpan & kirim salah satu bagian dari presentasi

Jika Anda adalah dosen atau mahasiswa, aplikasi ini akan sangat membantu menyampaikan pesan data Anda kepada mereka yang berada di depan layar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.