Format Ulang Laptop Lagi

Entah sudah berapa tahun saya tidak pernah berurusan dengan kerusakan laptop, yang saya harus melakukan format mandiri laptop milik sendiri. Entah mimpi apa yang datang di awal pekan yang lalu, di tengah pekan saya sampai kehilangan akses terhadap beberapa aplikasi, dan dengan pelbagai cara, saya tidak bisa melakukan pemulihan. Salah satunya adalah akses terhadap Office 365 – yang merupakan ‘senjata’ kerja saya di laptop.

Baru saja kemarin saya mengganti baterai-nya, eh sekarang malah muncul masalah ini. Ini laptop sepertinya punya sentimen pribadi.

Awalnya saya mengikuti secara rinci penyelesaian masalah yang disarankan oleh pihak Microsoft, baik di halaman resminya, maupun melalui pesan langsung di Twitter. Tidak satu-pun dari saran dan metode tersebut bisa. Kesalahan tersebut terdokumentasi dengan baik, tapi solusi yang ditawarkan tidak bermanfaat bagi situasi yang saya hadapi.

Akhirnya, saya memutuskan melakukan penyetelan ulang (istilahnya dikembalikan ke kondisi awal pabrik), dan ini juga gagal. Saya mencoba mengembalikan Windows seperti baru dengan menghapus semua setelan pabrik, ini pun tak membuahkan hasil.

Pilihan terakhir saya beberapa hari yang lalu adalah melakukan format ulang (clean install) Windows 10.

Laptop Dell Inspiron 7460 tidak dilengkapi dengan pembaca DVD untuk melakukan pemasangan ulang. Saya pun memesan sebuah UFD Instalasi Windows 10 yang berisi versi terakhir pada salah satu penyedia produk ini di Tokopedia. Kebetulan juga lokasi tokonya di Jogja. Saya bisa membuat sendiri UFD Instalasi, tapi saya tidak punya waktu itu.

Alhasil, tadi siang produk ini datang, dan saya setelah berdiskusi satu dua kalimat dengan pihak penjual, saya melakukan instalasi dengan menghapus Windows lama. Untungnya, sistem partisi Dell sangat baik. Saya tidak kehilangan lisensi yang menempel pada laptop, jadi saya tidak perlu membeli lisensi baru, atau mengurus lagi ke pihak Dell.

2020-02-01

Setelah beberapa jam dan beberapa puluh gigabita data untuk memulihkan Windows 10, akhirnya saya bisa bernapas lega menjelang tengah malam.

Aplikasi saya tidak termasuk banyak. Yang cukup besar adalah Office 365, tapi karena saya sudah punya citra luring-nya, saya tidak perlu lagi mengunduh ulang dari situs resminya.

Saya hanya memasang pengandar esensial, sementara itu yang tidak terlalu penting saya biarkan saja. Ternyata banyak juga aplikasi bawaan Dell yang tidak saya pulihkan, dan lumayan memberi napas ruang kecil 128 GB tersebut.

Data program & pengguna saya letakkan di partisi terpisah, dan dipulihkan dengan cepat menggunakan sinkronisasi OneDrive. Sekarang bisa kembali istirahat atau menyeruput kopi dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.