Perlindungan Dasar terhadap Infeksi Coronavirus

Pagi ini, kabar bahwa kasus konfirmasi positif COVID-19 atau Wuhan Coronavirus pertama di Indonesia diberitakan. Dua kasus positif yang ditemukan di Depok menjadi percakapan hangat di antara tenaga klinis di tempat saya berpraktik.

COVID-19 merupakan ancaman kesehatan global dan masyarakat selayaknya tahu bagaimana melindungi diri dari ancaman ini. Pengetahuan ini penting bagi masyarakat untuk benar-benar bisa dipraktikkan guna melindungi diri dan masyarakat, serta menghindari kepanikan.

Selalu memiliki kebiasaan untuk mencuci tangan, terutama setelah memegang permukaan perabot atau sebelum menyentuh bagian tubuh yang peka, misalnya wajah.

Cuci tangan selayaknya dilakukan secara rutin dengan menggunakan air mengalir dan sabun, atau membersihkan tangan dengan cairan antiseptik berbasis alkohol untuk tangan. Mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik berbasis alkohol dapat membunuh virus korona.

Lalu, usahakan membuat jarak sosial, yaitu sekitar 1 meter dengan seseorang yang sedang batuk atau bersin. Karena ketika orang batuk atau bersin, mereka menyemburkan droplet cairan dari hidung atau mulut yang dapat mengandung virus. Jika Anda berada terlalu dekat, Anda bisa menghirup droplet ini, termasuk kemungkinan virus COVID-19 jika orang yang batuk memiliki penyakit tersebut.

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Ketika tangan menyentuh permukaan banyak benda, virus dapat menempel pada tangan. Jika tangan tercemar virus, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung atau mulut. Dari sini, virus akan dapat memasuki tubuh Anda, dan membuat Anda sakit.

Praktikkan etika batuk (respiratory hygiene) yang benar. Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda mengikuti etika batuk yang benar. Di mana Anda menutup mulut dan hidung dengan bagian dalam siku atau tisu ketika batuk atau bersin, lalu membuang tisu yang telah digunakan sesegera mungkin.

Hal ini penting karena droplet menyebarkan virus. Dengan menjalankan etika batuk yang benar, Anda melindungi orang di sekitar Anda dari virus yang sedang menyerang Anda (baik itu flu, batuk pilek, hingga COVID-19).

Jika Anda menderita demam, batuk dan kesulitan bernapas, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat. Maksudnya, jika kondisi ringan, tetaplah tinggal di rumah; jika ada gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas, maka segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

Pemerintah dan dinas kesehatan setempat tentunya paling memiliki informasi terkini situasi penyebaran COVID-19 di area Anda. Menghubungi (via telepon) akan membantu penyelenggara fasilitas kesehatan memberikan rujukan ke fasilitas kesehatan yang tepat bagi Anda, oleh karena tidak semua fasilitas kesehatan memiliki kemampuan menangani kasus COVID-19. Langkah ini juga membantu melindungi Anda, dan membantu mencegah penyebaran virus serta infeksi lainnya.

Selalu mengikuti perkembangan terkini mengenai COVID-19. Ikuti nasihat yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan atau dokter keluarga anda, atau kebijakan nasional serta lokal atau perusahaan Anda mengenai bagaimana melindungi diri dan orang lain dari infeksi COVID-19.

Apakah Anda baru saja mengunjungi daerah yang memiliki penyebaran virus COVID-19? Jika ya, tetaplah diam di rumah selama 14 hari, terutama jika Anda merasa tidak nyaman, bahkan dengan gejala paling sederhana sekali pun seperti sakit kepala ringan hingga pilek, sampai Anda benar-benar pulih. Jangan segera mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan, ini akan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dapat beroperasi lebih efektif, dan membantu Anda serta orang lain dari penyebaran COVID-19 dan penyakit lainnya.

Namun kemudian jika Anda merasakan demam, batuk dan kesulitan bernapas, segera hubungi (via telepon) fasilitas layanan kesehatan terdekat atau dokter Anda, kondisi ini bisa jadi karena infeksi saluran napas dan kondisi serius lainnya. Informasi kepada tenaga klinis atau dokter Anda mencakup riwayat perjalanan terakhir Anda atau kontak dengan orang yang melakukan perjalanan ke daerah dengan wabah COVID-19. Petugas akan membantu Anda untuk mendapatkan bantuan medis di fasilitas yang tepat.

Informasi dan bantuan terkait Coronavirus dapat menghubungi hotline: 021-5210411 atau 081212123119.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.