Dapatkah Rempah Tertentu Menangkal Coronavirus?

Kita melihat banyak informasi di media sosial yang menyatakan rempah, temu-temuan, herbal atau jamu tertentu, dapatnya menangkal infeksi virus corona. Misalnya saja jahe merah, bawang putih, dan sebagainya. Banyak yang mempromosikan bahwa makanan seperti ini bisa menangkal infeksi virus corona dengan cara meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh. Bahkan banyak praktisi kesehatan yang membagikan informasi serupa di media sosial.

Apakah benar bahwa rempah, temu, hingga jamu atau makanan tertentu dapat mencegah infeksi virus corona? Singkat kata, secara medis semua itu belum atau tidak terbukti mencegah infeksi virus corona.

Wuhan Coronavirus atau SARS-Covs-2 ini menyebar dengan cepat, salah satu penyebabnya adalah bahwa banyak orang belum memiliki kekebalan terhadap virus ini. Jika orang tidak memiliki kekebalan, maka dia tentu saja dapat terinfeksi oleh SARS-Covs-2, tidak peduli apakah dia memiliki daya tahan yang baik atau daya tahan yang buruk.

Bahkan, masyakarat juga diperingkatkan, kemungkinan infeksi ulang COVID-19. Artinya, mereka yang sudah pernah sakit COVID-19 dan pulih dari sakit bukan berarti dia memiliki kekebalan terhadap penyakit ini.1

Lalu apa pentingnya daya tahan tubuh? Daya tahan tubuh akan berperan dalam bagaimana tubuh merespons terhadap infeksi SARS-Covs-2 jika menginfeksi, apakah akan menimbulkan (bermanifestasi) jadi COVID-19 yang ringan atau menjadi COVID-19 yang berat. Walau demikian, tidak berarti yang memiliki daya imunitas baik menjadi garansi bahwa tidak akan menuju kondisi yang parah saat terkena COVID-19.

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting bagi kesehatan secara umum, namun tidak boleh dijadikan pengharapan palsu sebagai penghalang terkena COVID-19.

Tindakan pencegahan COVID-19 sudah dijelaskan oleh banyak pihak pemangku kebijakan, dan tidak satupun termasuk di dalamnya termasuk mengonsumsi makanan tertentu.

Tindakan pencegahan terkait makanan atau nutrisi adalah memasak makanan sampai matang, sehingga menghindari infeksi kuman dari makanan yang masih mentah.

Pencegahan lain yang masih diupayakan saat ini adalah penciptaan vaksin yang tepat untuk COVID-19.

Kabar rempah, herbal, temu, dan jamu tertentu yang dapat menangkal infeksi virus corona dapat menyebabkan masyakarat membelanjakan atau menggunakan dananya untuk sesuatu yang tidak terkait dengan pencegahan wabah itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.