Protokol Kesehatan COVID-19

Ada beberapa protokol yang selayaknya diketahui masyarakat mengenai alur penanganan COVID-19 secara umum. Sedemikian hingga tidak bingung.

Apakah Anda baru saja pulang dari daerah dengan transmisi lokal?1 Jika “YA” dan Anda sehat, segera isolasi diri di rumah. Jika memerlukan surat keterangan dokter, silakan kunjungi puskesmas, atau hubungi petugas puskesmas yang ditunjuk sebagai petugas dalam kasus COVID-19.

Jika “YA” dan bergejala. Segera memeriksakan diri ke puskesmas, gunakan masker dan hindari menggunakan transportasi umum. Jaga diri Anda dan orang lain.

Jika Anda merasa pernah “KONTAK” langsung dengan pasien/orang yang “POSITIF” COVID-19, segera melapor ke puskesmas atau rumah sakit rujukan. Sama, gunakan masker dan hindari menggunakan transportasi umum.

Jika Anda dikatorikan ODP, berarti Anda menjalani isolasi diri di rumah saja, tidak keluar rumah selama 14 hari. Petugas akan memastikan kondisi Anda secara berkala.

Jika Anda dikategorikan PDP, Anda akan dirujuk ke rumah sakit rujukan dan menjalani isolasi awal atau perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

PDP kemudian diperiksa, jika COVID-19 “NEGATIF”, Anda akan dibebaskan dari isolasi dan diterapi sesuai dengan kondisi dan penyakit Anda.

Jika COVID-19 “POSITIF”, Anda akan tetap diisolasi dan dirawat sesuai kondisi Anda, hingga hasil pemeriksaan menunjukkan dua hari berturut-turut negatif, barulah Anda bisa meninggalkan isolasi.

Tetap sehat, tetap menjaga jarak sosial, dan semoga kita bisa melewati masa-masa sulit ini bersama-sama. 🙏


  1. Pembaruan data wilayah mana yang masuk kategori transmisi lokal bisa ditemukan di situs infeksi emerging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.