Edraw Max sebagai Alternatif Microsoft Office Visio

Microsoft Office Visio dan Microsoft 365 Visio, baik versi standar maupun profesional merupakan alat yang sering tidak tergantikan dalam bekerja untuk menyusun diagram, pemetaan prosedur, dan sebagainya. Salah satu alternatif yang cukup kuat dan tidak berbiaya yang saya dulu rekomendasikan adalah yED. Tentu saja ada alternatif lain seperti LuchidChart dan Textografo, dua yang menarik minat saya yang cukup murah namun mendukung pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi awan.

Sayangnya, Indonesia tidak memiliki koneksi internet yang merata untuk menunjang kinerja dengan teknologi awan. Sementara itu yED tampaknya tidak banyak perkembangan bermakna dalam beberapa tahun ke belakang, di mana pengembang lebih fokus pada layanan mereka di atlassian confluence.

Saya mencari sesuatu yang bisa digunakan untuk bekerja secara luring, fitur yang dimiliki draw.io yang dapat diakses melalui Microsoft Store cukup bisa mengisi fungsi untuk sekadar menyusun diagram. Tapi untuk fungsi yang lebih luas seperti Visio, dengan biaya yang tidak berlangganan seperti Microsoft 365, bisa dilakukan peningkatan secara terus menerus, maka pilihan saya jatuh pada Edraw Max.

Anotasi 2020-04-14 123353

Edraw Max adalah perangkat lunak diagram all-in-one. Mampu untuk lebih dari 280+ diagram termasuk Diagram Alir, Diagram Jaringan, Org Chart, Peta Pikiran, Rencana Lantai, Bagan Proyek, Skema Listrik, P&ID, UML, Desain Mode, Sertifikat, dan banyak lagi.

Edraw Max memiliki banyak fungsi yang dimiliki oleh Visio, serta sejumlah cetak (template) siap pakai. Kemudahan lain adalah tutorial yang tersedia melalui kanal YouTube dan dapat diakses melalui situs resmi Edrawsoft.

Hasil kerja juga dapat diekspor ke pelbagai bentuk berkas, baik itu grafis, PDF/PS/EPS, Office (Word, PowerPoint, Excel), HTML, SVG, dan tentu saja ke dalam bentuk berkas Visio.

Edraw Max juga mendukung pembuatan Mind Mapping dan Gantt Chart, namun menurut saya, perangkat lunak tersendiri yang khusus. Misalnya Gantt Chart bisa menggunakan Microsoft Project atau alternatifnya, sebenarnya ada juga Edraw Project untuk fungsi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.