Miro – Aplikasi Mind Mapping untuk Kolaborasi

Mind Mapping merupakan kegiatan memetakan konsep pikiran ke dalam alur-alur dan bidang-bidang dua dimensi, sedemikian hingga dapat menyederhanakan dan merapikan tampilan konsep yang ingin kita sampaikan.

Ada banyak sekali aplikasi Mind Mapping yang terkenal, beberapa di antaranya adalah Ayoa, Microsoft Visio, SmartDraw, LucidChart, Coggle, XMind, Milanote, MindManager, Mindomo, dan sebagainya.

Tapi kesemuanya rerata berbayar, walau ada yang menyediakan versi gratis terbatas. Ada yang punya baik versi tertanam lokal di PC dan juga di awan seperti Visio dan XMind.

Kali ini saya mencoba salah satu aplikasi yang bisa terpasang pada Windows 10, namun sebenarnya merupakan aplikasi awan. Disediakan gratis untuk tiga proyek dan tiga kolaborator. Sangat terbatas, namun cukup bisa dipertimbangkan diambil bagi organisasi kecil yang tidak mengerjakan proyek dalam ukuran besar, atau oleh pribadi atau pelajar yang sedang memerlukan sekadar aplikasi MindMapping.

Anotasi 2020-04-22 114336
Tampilan Miro pada Windows 10.

Aplikasi yang saya coba saat ini adalah Miro. Bisa didapatkan langsung pada website resminya.

Miro sangat sederhana, dan penggunaannya berdasarkan intuisi, sehingga ramah bagi pemula. Desainnya juga minimal distraksi, sehingga pengguna bisa fokus pada apa yang dikerjakan.

Hasilnya rapi, mengingatkan saya jika membuat diagram alir menggunakan textografo. Untuk menghasilkan sebuah mind map sederhana, Miro menawarkan lebih dari cukup.

Fitur lainnya adalah fungsi kolaborasinya, kita bisa bekerja dengan beberapa orang selama saling terhubung dengan internet, mereka menyebutnya dengan real-time, asynchronous colaboration. Yes, we can use it as work from home!

Selain itu, Miro memiliki kanvas yang nyaris tak terbatas, sehingga membangun mind map yang kompleks pun rasanya tidak masalah. Namun kembali tergantung pada dukungan kapabilitas komputer dan jaringan Internet yang digunakan.

Miro juga menyediakan integrasi pada akun Facebook, Google, Microsoft 365, OneDrive, Dropbox, Box, dan lain sebagainya. Anda juga bisa melakukan integrasi kontak dari daftar kontak Gmail.

Semua itu memudahkan melakukan kolaborasi bagi mereka yang memerlukannya. Untuk yang mengerjakan proyek tunggal dan sederhana, versi gratis Miro sudah cukup membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.