Mendeley atau EndNote?

Sebelum saya mengulas lebih jauh, ulasan di sini adalah untuk Mendeley dan EndNote X9 yang keduanya adalah layanan premium (Mendeley masih dapat dikatakan semi-premium). Jika Anda sedang mencari layanan yang gratis, Zotero masih dapat dipertimbangkan selain Mendeley, dan mungkin Citavi dan rekan-rekannya.

Mendeley bersifat langganan bulanan untuk mendapatkan kapasitas sinkronisasi koleksi artikel ilmiah yang lebih banyak. Sementara itu, EndNote tidak memiliki fungsi ini, database-nya berada pada komputer lokal (yang tentu saja dapat disimpan dalam layanan awan, seperti Dropbox); sedemikian hingga biaya EndNote adalah lisensi perpetual, yang sekali bayar untuk versi tersebut.

Lisensi Mendeley premium untuk pelajar sedikit di bawah IDR 850K per tahun dengan kapasitas penyimpanan 5 GB, sedangkan untuk profesional dengan penyimpanan 10 GB dihargai dua kali lipatnya, dan untuk kapasitas tidak terbatas dihargai tiga kali lipatnya pertahun.

Lisensi EndNote X9 (versi saat ini) berkisar pada harga sekitar IDR 4.300K untuk lisensi penuh, dan sekitar IDR 2.000K untuk lisensi pelajar (yang mana edisi ini tidak tersedia bagi pelajar di Indonesia melalui toko daringnya). Mereka yang hendak melakukan peningkatan dari versi sebelumnya, EndNote X7 atau EndNote X8 dikenakan biaya lisensi tambahan sekitar IDR 1.700K.

Tidak seperti Mendeley yang memiliki ekstensi untuk peramban Chrome dan memudahkan sinkronisasi dan menambahkan artikel atau selingkung dari Internet, EndNote X9 memerlukan bantuan ekstensi pihak ketiga seperti Kopernio, yang merupakan layanan freemium.

Mendeley pada PC dan Laptop memiliki dua jenis aplikasi, yang pertama adalah Mendeley Desktop yang lawas (tidak dikembangkan lagi, namun sementara ini masih didukung?) yang memiliki plugin untuk Microsoft Word. Dan satu lagi versi baru adalah Mendeley Reference Manager yang tidak memiliki plugin untuk Microsoft Word, dan untuk menambahkan selingkung ke dalam Microsoft Word, harus melalui add-in yang tersedia di bursa add-in Microsoft Office.

EndNote X9 tidak bisa berfungsi apabila pada Microsoft Word terpasang plugin dari Mendeley Desktop. Sedemikian hingga, pengguna Mendeley yang juga pengguna EndNote, harus menghapus plugin tersebut, dan menggantinya dengan add-in dari bursa yang bernama Mendeley Cite.

Anotasi 2020-04-26 093621
Tampilan Selingkung dan Bibliografi dari EndNote X9 dan Mendeley Cite pada Word 365 Windows 10.

Mendeley Cite adalah fitur yang unggul yang memanfaatkan komputasi awan, sehingga juga harus didukung oleh jaringan Internet yang tangguh. Menggunakan fitur Mendeley Cite pada koneksi jaringan Internet yang tersendat-sendat akan sangat berdampak buruk pada produktivitas kita bekerja.

Oleh karena itu, pilihan bagi saya yang tidak memiliki akses mumpuni adalah perangkat lunak yang mendukung penyimpanan data lokal. Zotero sangat baik, hanya saja, pada Word 365, Zotero sering mengalami galat yang sulit dijelaskan. Sedemikian hingga, saya mulai melirik dan mencoba EndNote X9.

Namun harus saya akui, di antara EndNote, Zotero, dan Mendeley, yang paling ramah pengguna dan mudah bagi saya untuk segera menguasainya adalah Mendeley.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.