Isu Keamanan Akun Tokopedia

Beberapa saat yang lalu, saya membaca salah satu ciutan di Twitter yang menyatakan bahwa telah terjadi peretasan data 15 juta akun pengguna Tokopedia. Peretasan ini dinyatakan telah terjadi sekitar Maret yang lalu. Pun Tokopedia telah menyatakan bahwa akun aman, saya rasa sebaiknya saya segera mengganti kata sandi dan meningkatkan metode keamanan toko daring ini, karena saya termasuk pengguna Tokopedia.

Malam ini juga saya langsung membuka peramban Chrome di laptop, dan segera mengganti sandi dengan sandi acak 15 digit, kombinasi angka, huruf kapital dan kecil, tanda baca.

Memang sudah sejak lama terakhir kali saya mengganti sandi tokopedia, padahal sandi seharusnya diganti setidaknya beberapa bulan sekali, demi keamanan.

Verifikasi dua langkah selain menggunakan nomor telepon, saya juga mengaktifkan fitur Google Authenticator yang disertakan di Tokopedia. Ini akan menambah keamanan biometrik karena hanya dapat diakses melalui ponsel saya.

Anotasi 2020-05-02 233027

Jika tidak ada situasi ini, saya mungkin akan lupa mengaktifkan fitur keamanan yang satu ini. Dan memang banyak orang yang malas mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, padahal itu sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.