Sumatra PDF Reader

Apa pembaca dokumen format portabel (PDF) yang Anda gunakan di komputer berbasis Windows? Banyak orang menggunakan versi gratis dari Adobe Reader DC, Foxit Reader, atau Nitro PDF Reader. Kadang ada juga yang menggunakan Microsoft Edge (dulu Microsoft Reader) atau peramban Google Chrome.

Sedekit yang pernah menggunakan aplikasi lain, padahal banyak yang tersedia di pasaran. Salah satu yang cukup terkenal, namun jarang dilirik di Indonesia adalah Sumatra PDF Reader.

Sumatra PDF Reader tidak seperti aplikasi pembaca PDF lainnya, di antara banyak yang pernah aplikasi yang pernah saya coba, tidak ada yang seringan dan sesederhana Sumatra PDF Reader, sehingga bagi yang hanya memerlukan aplikasi untuk membaca berkas PDF, maka Sumatra PDF Reader sudah memberikan semua yang diperlukan.

Membaca berkas PDF sederhana dengan 345 halaman hanya menghabiskan sumber daya sekitar 19-20 MB RAM. Sangat membantu untuk mereka yang menggunakan netbook atau laptop yang sumber daya-nya terbatas.

Fitur-nya pun dilengkapi sejumlah fungsi modern, misalnya kemampuan untuk melakukan presentasi dengan berkas PDF. Ini membantu banyak orang yang kesulitan melakukan presentasi pada berkas salinda (misal PowerPoint) yang telah diubah ke dalam bentuk PDF.

Anotasi 2020-05-18 173314
Perbedaan Tampilan PDF Reader Pro (kiri) vs Sumatra PDF Reader (kanan) pada Windows 10.

Fitur lain yang disematkan yang tidak dimiliki PDF Reader lain adalah kemampuan membaca pustaka elektronik (ebook) berbasis PDF, ePub, MOBI, CHM, XPS, DjVu, CBZ, & CBR.

Tentu saja ada beberapa yang bisa dibilang kekurangan dibandingkan sejumlah pembaca PDF lain. Misalnya ketidakmampuan melakukan anotasi atau menambahkan tanda tangan digital misalnya yang kadang diperlukan oleh sejumlah orang yang bekerja dengan aspek legal dokumen digital.

Kemampuan font rendering juga agak kalah dibandingkan produk sejenis lain (terutama yang berbayar). Tapi bukan berarti Sumatra PDF Reader tidak nyaman digunakan saat membaca, dengan kemampuan Windows 10 saat ini, situasi ini nyaris bukan masalah.

Sumatra PDF Reader bisa diunduh di situs resmi mereka atau diinstal langsung melalui Microsoft Store pada Windows 10.

Satu tanggapan untuk “Sumatra PDF Reader

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.