Software yang Membantu Penulisan Novel

Seorang penulis bisa memilih sejumlah perangkat lunak (software) yang tersedia di pasaran untuk membantu mereka menghasilkan novel yang gurih, bahkan bagi penulis pemula sekali pun.

Tentu saja yang perlu diingat bahwa, keterampilan menulis tidak bergantung pada alat semata. Alat hanya sebatas pembantu bagi seseorang yang baru belajar menulis novel, atau memang sudah menjadi novelis ternama.

Alat bisa membantu seorang penulis mengurangi ketergantungan terhadap penyunting (editor), apalagi bagi mereka yang akan memilih menerbitkan sendiri manuskripnya.

Beberapa software dalam menulis novel

Pertama-tama, yang paling sederhana adalah Anda perlu perangkat lunak untuk memproses penulisan Anda, atau lebih dikenal sebagai Word Processor. Di sini penulis bisa mengetik karyanya dengan bebas, beserta ide-idenya.

Ada banyak yang tersedia di pasaran, misalnya Microsoft Word, LibreOffice Writer, Google Documents, dan sebagainya.

Semua ada kelebihan dan kekurangannya. Misalnya saja, Microsoft Word dapat dipersenjatai dengan banyak pengaya dan fitur tambahan dari pihak ketiga; sementara itu LibreOffice Writer memiliki keterbukaan, di mana Anda tidak perlu membayar biaya lisensi; sedangkan Google Documents diketahui sebagai yang paling murah dan mumpuni dalam melakukan penulisan kolaboratif.

Kedua, Anda memerlukan perangkat lunak untuk melakukan pemeriksaan ejaan (spell checker hingga proofreader).

Penulis novel dalam bahasa Indonesia jarang memusingkan hal ini, karena novel bahasa Indonesia memiliki kekayaan sastra dan bahasa yang beragam. Tapi kadang, salah ketik bisa jadi terjadi.

Mereka yang menulis dalam bahasa Inggris, bisa memanfaatkan banyak sekali perangkat lunak di luar sana. Saya misalnya memanfaatkan ProWrittingAid, sementara itu ada juga yang memanfaatkan Grammarly atau Microsoft Editor (terikat pada Microsoft 365).

Perangkat lunak ini dapat membantu penulis dalam mendeteksi kesalahaan ejaan, kata-kata klise, kata-kata yang terlalu rumit, ketidakcocokan ejaan, paragraf yang terlalu panjang, penggunaan alternatif thesaurus, dan lain sebagainya.

Ketiga, adalah perangkat lunak untuk menganalisis konten novel Anda. Sayangnya, perangkat lunak ini hanya tersedia bagi novel-novel dalam bahasa asing, terutama dalam bahasa Inggris. Tentu saja beberapa bisa dikondisikan untuk novel berbahasa Indonesia.

Misalnya saja ada tiga yang cukup populer, yaitu Scrivener (proprietary dan berbayar), Manuskript (open source dan gratis), serta bibisco (proprietary dan tersedia lisensi gratis bagi komunitas).

Dengan software tersebut, penulis bisa melakukan analisis terhadap perkembangan alur cerita, pelibatan tokoh, konflik, latar belakang, alur waktu, target penyelesaian sebuah bab, dan sebagainya.

Terakhir, penulis juga mungkin memerlukan tempat kecil untuk sekadar corat-coret keperluan lainnya. OneNote, Evernote, dan sebagainya merupakan aplikasi yang cukup banyak dipilih.

Apakah Anda akan mulai menjadi penulis, maka ketersediaan perangkat lunak yang mumpuni bisa menjadi tangan kanan yang tak tergantikan bersama dengan kreativitas Anda.

2 tanggapan untuk “Software yang Membantu Penulisan Novel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.