Orange Data Mining

Penggalian data atau data mining bukanlah hal yang mudah bagi seorang peneliti pemula. Kadang data yang tidak diolah dengan baik tidak akan memberikan kita gambaran apa pun walau telah dikumpulkan dengan baik, oleh karena itu penggalian data diperlukan.

Saya mencari sejumlah perangkat lunak untuk keperluan ini, misalnya saja ada Nvivo dan MaxQDA yang cukup populer, namun lisensinya sangat mahal. Tentu saja da yang menjual versi bajakan di beberapa toko daring. Bagaimana dengan yang lain, yang lebih hemat?

Memang sulit dicari penggantinya, dan kebanyakan tidak begitu memuaskan. Tapi di antara itu, selalu ada yang menarik.

Salah satu software yang lawas yang saya lihat kembali adalah Orange, sebuah perangkat lunak untuk melakukan penggalian data (data mining software).

Anotasi 2020-05-30 200841

Orange – A data mining open source software, Windows 10.

Orange merupakan perangkat lunak pembelajaran mesin dan visualisasi data sumber terbuka. Mampu membuat alur kerja analisis data secara visual, dengan kotak alat yang besar dan beragam.

Mampu melakukan visualisasi data interaktif, analisis data sederhana dengan visualisasi data yang cerdas. Menjelajahi distribusi statistik, plot kotak dan plot pencar, atau menyelami lebih dalam dengan pohon keputusan, pengelompokan hierarkis, peta panas, MDS, dan proyeksi linear. Bahkan data multidimensi Anda bisa menjadi masuk akal dalam 2D, terutama dengan peringkat dan pemilihan atribut yang pintar.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Biolab Orange, baik untuk komputer berbasis Windows, Mac OS, maupun yang dijalankan dengan distribusi Linux.