Memasang Kamera Pengawas untuk Rumah

Kamera pengawas, atau yang biasa dikenal dengan CCTV baik yang klasik maupun yang menggunakan jaringan internet – IP Camera, merupakan gawai perlengkapan keamanan lingkungan yang paling sederhana, dan terjangkau.

Alasan saya mempertimbangkan penggunaan kamera pengawas terkait keamanan rumah sebenarnya masih terkait dengan pekerjaan dan kondisi pandemi. Lingkungan perumahan saya termasuk yang relatif aman, sejumlah warga suka nongkrong hingga larut malam, serta lokasi yang di puncak perbukitan, menyebabkan akses keluar masuk cukup menantang, bukan hanya bagi warga namun bagi mereka yang memiliki niat kurang baik.

Pun demikian, saya tidak merasa bisa bergeming begitu saja. Lima tahun di sini memberikan keluarga kami rasa aman, tapi situasi berubah setiap saat. Kondisi pandemi berpotensi meningkatkan kejadian yang mungkin tidak kita harapan. Oleh karena itu, saya memutuskan memasang kamera pengawas berupa IP Camera di rumah.

Karena saya menggunakan layanan indihome, saya pertama kalinya berpikir, mungkin sebaiknya saya menggunakan layanan dari indihome Telkom juga. Mereka memiliki penawaran yang menggiurkan, perangkat IP Camera dengan biaya pemasangan IDR 125K, dan biaya bulanan IDR 38K per kamera. Ini sangat murah dan terjangkau. Di luar biaya pemasangan, biaya per tahun sekitar IDR 456K.

Indihome memberikan penawaran yang baik, namun tanpa kebebasan, misalnya bagaimana jika saya ingin berhenti sejenak dari layanan cloud? Itu tidak bisa (setahu saya) tanpa mencopot instalasi IP Camera yang dipasang.

Alternatif yang cukup baik menurut saya adalah memasang sendiri IP Camera untuk pengawasan rumah.

Saya menghabiskan beberapa hari untuk mencari tahu merek IP Camera yang bagus dan terjangkau untuk rumah sangat sederhana. Hei, rumah saya tidak ada isinya. Saya mencari yang tersedia di pasaran lokal, produk Xiaomi dan Yi cukup menarik, tapi produk IP Camera untuk outdoor mereka tidak begitu menarik.

Yang paling menarik menurut saya adalah produk dari Bluerams, saya suka saja dengan penawaran mereka. Sayang, harga produknya berada di atas IDR 800K. Saya kemudian memutuskan memilih Vimtag, salah satu produk yang agen pemasaran resminya ada di Indonesia. Setidaknya jika ada kerusakan, saya bisa melakukan klaim garansi.

Singkat kata, saya pesan dari Toko Daring Si Hijau, barangnya datang dalam tiga hari, kondisinya masih segelan utuh. Sekalian saya beli SD Card 64GB untuk penyimpanan luring.

Pada awalnya saya kaget, barangnya lengkap. Tapi instruksi pemasangannya tidak lengkap, bukan sekadar tidak ada yang berbahasa Indonesia, namun juga tidak jelas teknisnya. Di mana saya harus memasang SD Card, bagaimana teknis instalasinya? Untungnya ada video resmi di akun YouTube mereka, cukup membantu saya yang tidak pernah melakukan instalasi IP Camera.

photo_2020-06-17_20-18-04
Vimtag B4 Outdoor IP Camera.

Kamera yang saya pilih adalah Vimtag B4 Outdoor IP Camera, khusus kamera di luar ruangan.

Beberapa hal yang saya sukai dari Vimtag B4, antara lain.

  • Harga terjangkau, sekitar IDR 500K.
  • Kualitas video HD 1080p.
  • Kemampuan simpan data pada SD Card hingga 128GB, pada penyimpanan 64GB yang saya gunakan, keterangan menyatakan bisa untuk video hingga 31 hari.
  • Pemasangan mudah (jika lihat video tutorial di YouTube).
  • Biaya penyimpanan awan bersaing (sekitar USD 2.99 atau IDR 45K / bulan, atau USD 29.9 atau IDR 499K/tahun untuk waktu simpan 7 hari – menggunakan iOS, pilihan otomatis dalam IDR).
  • Memiliki fitur standar yang cukup lengkap, misalnya alarm, mode malam, lampu sorot, inframerah, speaker dua arah (bisa untuk ngobrol dengan tamu saat tidak di rumah, walau saya belum coba).

Hal yang kurang saya sukai dari Vimtag B4, antara lain:

  • Instruksi pemasangan dan penggunaan yang kurang lengkap, kita diminta belajar dengan meraba-raba.
  • Bagian pelindung SD Card tampak ringkih walau ada segel karetnya, saya ragu apakah jika hujan air tidak akan masuk ke dalamnya?
  • Perlu waktu cukup lama saat hendak masuk dari peringatan ke jendela aplikasi di Android dan iOS.
  • Aplikasi untuk PC tidak bisa digunakan sama sekali pada Windows 10.

Vimtag biasanya datang dengan bonus satu bulan gratis menggunakan layanan cloud senilai $ 2.99. Saya belum mempertimbangkan menggunakan layanan cloud, karena belum tahu dampaknya dengan jaringan indihome (ya, indihome memiliki pita unggah yang sempit).

img_0480
Tampilan video langsung Vimtag B4 pada aplikasi di iOS.

Jika rumah hanya rumah kecil, halaman yang ingin dijangkau dengan kamera pengawas juga tidak luar. Vimtag B4 sudah cukup bagus untuk mengawasi halaman kecil. Harga dan kualitasnya bersanding sebagai penawaran yang cukup baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.