Antivirus Paling Populer 2020

Apa sih aplikasi antivirus yang paling populer pada tahun 2020? Saya iseng bertanya-tanya, dan mencoba mengakses pangsa pasar produk-produk jenis ini. Dan ternyata, dugaan saya meleset. Saya pikir produk seperti Kaspersky dan BitDefender yang populer di toko daring tanah air menjadi yang masuk dalam daftar nama tersebut.

Pangsa Pasar Produk Antivirus (AV)

Kepopuleran suatu produk keamanan biasanya karena kepercayaan masyarakat yang tinggi. Paling atas adalah Symantec Corp., yang merupakan produsen seri Norton AV dan keluarganya.

Saya bisa memahami ini, karena sejak zaman dua dekade yang lalu, Norton merupakan produk yang paling populer, apakah masih berlangsung sampai saat ini? Saya tidak mengikuti perkembangan produk Symantec, tapi sepertinya mereka tetap bertahan menjadi raja.

Peringkat kedua adalah AVAST Software, produsen produk keamanan avast dan keluarganya. Merupakan produk keamanan favorit saya sejak dua dekade yang lalu, yang saat itu masih merupakan perusahaan kecil dan yang pertama menawarkan produk AV gratis kepada masyarakat global yang berjuang melawan infeksi virus komputer di era itu. Metode ini kemudian banyak ditiru oleh produsen lain, tapi popularitas avast sepertinya masih menjadikannya cukup populer. Dan mungkin menjadi satu-satunya perusahaan keamanan non-Amerika yang berdiri di peringkat atas popularitas. AVAST termasuk produk dengan komunitas terbesar yang ada, walau tidak seaktif sekitar satu atau dua dekade yang lalu.

ESET populer di kalangan teknisi, dan mungkin ini yang menjadikannya bersaing dengan AVAST dan Symantec. Saya tidak tahu, hampir setiap komputer yang diservis karena rusak di wilayah saya, biasanya balik sudah terpasang dengan antivirus dari ESET. Padahal produk AV yang terpasang sudah kedaluwarsa lisensinya, minimal perlindungannya dan tidak bisa dibuang karena terkunci oleh sistem admin. Ya, di mata saya ESET populer di kalangan teknisi, namun musibah bagi pengguna akhir. Walau tentu saja ini bukan kesalahan produsen.

Sementara yang lain masih mengekor di belakang, termasuk McAffe yang populer bersama Norton di era lampau, dan BitDefender yang naik daun pada dekade terakhir ini di tanah air.

Kaspersky, produk yang saya gunakan saat ini tidak ada sama sekali dalam daftar utama. Sepertinya masih belum bisa mengejar ketertinggalan sejak produk asal Rusia ini dijegal keberadaan oleh pemerintah Amerika beberapa tahun yang lalu.

Perlu diingat, bahwa pangsa pasar tidak menunjukkan bahwa produk tersebut lebih unggul kualitasnya dibandingkan dengan produk saingannya. Ada banyak alasan memilih produk AV.

Saya misalnya, memilih karena murah. Saya membeli produk AV dari toko daring, lisensi Kaspersky (KIS) kebetulan paling murah untuk jumlah komputer dan gawai yang digunakan rumah tangga saya. Jadi saya beli saja. Tapi seandainya jumlah laptop, ponsel, dan tablet di rumah di atas lima buah, maka paket keluarga bundle avast ultimate mungkin menjadi pilihan saya, karena paling murah untuk 5-10 perangkat (untuk hitungan produk AV, security suite, dan VPN).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.