Seberapa Rumit Password-mu?

Password (kata sandi) merupakan sesuatu yang wajib di era digital, mulai dari perangkat ponsel, jejaring sosial, komputer dan data perbankan, semuanya terlindungi oleh kata sandi ini. Dan saat ini kata sandi bisa disarankan setidaknya terdiri dari 6-8 karakter termasuk kelompok karakter yang unik.

Sayanya, kebanyakan orang (termasuk saya) tidak bisa mengingat kata sandi dengan baik. Oleh karena itu, perlu pengelola kata sandi dari tambahan. Karena semakin rumit sebuah sandi, maka semakin kuat sandi tersebut, tapi semakin sulit diingat oleh orang pada umumnya.

Sebuah contoh password unik yang cukup sangat kuat. Layanan disediakan oleh ExpressVPN.

Jika malas membuat sandi yang unik, ada banyak alat yang bisa digunakan. Peramban Google Chrome memiliki fitur bawaan untuk kemampuan ini, walau terbatas. Bisa juga menggunakan layanan dari penyedia lainnya, seperti oleh ExpressVPN pada gambar di atas. Atau juga menggunakan avast random password generator.

Fitur lain adalah penyimpan sandi atau istilah kerennya password manager. Adanya banyak pilihan, mulai yang gratis, hingga premium. Fungsi utamanya adalah menyimpan password, tentu saja jika Anda mau nilai lebih, adalah sinkronisasi antar perangkat jika Anda menggunakan beberapa perangkat yang saling terhubung (misalnya laptop dan ponsel). Beberapa layanan seperti 1Password dan Bitwarden menyediakan layanan pengelolaan password yang terjangkau (bahkan ada yang gratis). Kebanyakan produk keamanan populer edisi premium juga memiliki fungsi ini seperti Avast, Kaspersky, atau BitDefender.

Hanya saja yang perlu diingat adalah bahwa pengguna kemungkinan akan terikat dengan penyedia layanan jasa pengelola kata sandi dan sulit berpindah. Tapi setidaknya, lebih aman dibandingkan menyimpan sandi pada peramban. Tentu saja menyimpan pada peramban tetap merupakan pilihan yang paling mudah dan paling murah yang tersedia.

Di era banyaknya pencurian identitas dan akun secara digital, maka perlindungan ekstra diperlukan. Sandi yang kuat dan pengelolaannya yang aman merupakan pilihan yang baik. Anggap saja ini merupakan investasi keamanan data digital kita.

5 tanggapan untuk “Seberapa Rumit Password-mu?

  1. Untuk password saya cukup serius saat membuatnya. Harus lengkap segala karakternya, mulai dari huruf besar, kecil, angka dan karakter unik. Panjangnya juga minimal 10 karakter. Tapi ya tetap waswas juga sih kalau di internet secara banyak jagoan hack yang tidak berakhlak. Hehe.

    Suka

    1. Iya, lha password dari marketplace saja bisa dijual di black market. Susah Bli, sehingga selain sandi biasanya ada metode 2FA, U2F hingga Ubikey untuk login, sehingga keamanannya bertambah, atau menggunakan mesin otontikasi seperti Google Authentication atau Microsoft Authentication agar aman ketika bertransaksi.

      Suka

  2. Baru tahu ternyata ada juga alat utk sandi gitu. Biasanya buat sandi sendiri sih.
    Terkait sandi,,, dulu aku yakin dengan kemampuan menghapal sandiku. Jadi setiap sandi pasti beda. Tetapi 5 tahun lalu, aku menyadari kalau aku semakin pelupa…jadi sandi terpaksa aku catat dan tidak aneh2 lagi bahkan ada yg digabung.
    Dan parahnya,,, tahun lalu …entah apa yg terjadi …2 ATM ku dengan sandi sama tetapi bisa2nya pikiranku blank tak bisa menemukan sandi yg pas. Satu ATm terblokir. Satu lagi kucoba sekali gagal dan tak berani coba. Beberapa hari kemudian baru coba lagi.

    Suka

    1. Sandi beberapa orang bisa hapal Mbak, tapi beberapa lagi seperti saya memilih untuk menggunakan kode. Misalnya saya buat sandi utama nama saya Cahya jadi C4hya, lalu untuk tahun ini sandinya jadi C4hya_2020, tahun depan jadi C4hya_2021. Untuk PIN ATM 6 digit juga bisa sama, pakai tanggal istimewa apa saja misalnya 15, maka tahun ini jadi 152020 dan tahun depan jadi 152021 atau dibalik, 202015. He he…, gitu sih trik saya kalau menghapal.

      Kalau yang tidak dihapal ya pakai alat bantu pengingat 😁

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.