Mereka yang mengerjakan penelitian sederhana deskriptif atau analisis varian, akan memerlukan perhitungan statistik yang cermat. Aplikasi statistika biasanya diminati untuk membantu proses ini sehingga dapat berjalan dengan lebih mudah.

Aplikasi yang populer di Indonesia adalah SPSS yang dilisensikan oleh IBM. Tentu saja aplikasi berlisensi ini cukup mahal dan menguras anggaran bagi mereka yang hanya melakukan penelitian kecil dengan dana terbatas. Bahkan alternatif populer lain seperti Minitab juga tidak serta merta terjangkau.

Kabar baiknya, ada alternatif lain yang gratis seperti GNU PSPP – yang sayangnya kurang populer. Alternatif lain yang suka saya gunakan adalah JASP, dengan catatan: filosofi JASP lebih kuat ke arah bentuk Bayesian.

Seperti halnya JASP yang berhasil muncul dengan pengembangan R Language, banyak aplikasi lain yang juga berkembang menjadi aplikasi berfokus pada antarmuka yang ramah pengguna. Salah satunya yang tidak kalah populer dari JASP adalah jamovi.

Proyek jamovi didirikan untuk mengembangkan platform statistik gratis dan terbuka yang intuitif untuk digunakan, dan dapat memberikan perkembangan terbaru dalam metodologi statistik. Inti dari filosofi jamovi, adalah bahwa perangkat lunak ilmiah harus “didorong oleh komunitas”, di mana setiap orang dapat mengembangkan dan menerbitkan analisis, dan membuatnya tersedia untuk khalayak luas.

jamovi bertujuan untuk menjadi platform netral dan tidak mengambil posisi terkait filosofi statistik yang bersaing. Proyek ini tidak didirikan untuk mempromosikan ideologi statistik tertentu, melainkan ingin berfungsi sebagai tempat yang aman di mana pendekatan statistik yang berbeda dapat dipublikasikan secara berdampingan, dan menganggap diri mereka sebagai anggota komunitas jamovi yang terbaik.

Aplikasi jamovi tersedia dalam dua bentuk, yaitu bentuk stabil dan bentuk terbaru. Bentuk stabil biasanya disarankan bagi mereka yang hendak menggunakan jamovi dalam jangka panjang dan menginginkan aplikasi yang bebas bug saat digunakan. Bentuk terkini ditujukan bagi mereka yang ingin memanfaatkan fitur terbaru yang disediakan oleh jamovi dengan kemungkinan sejumlah bug mungkin bisa muncul saat digunakan.

Pengguna bisa mendapatkan jamovi untuk platform Windows, macOS, Linux, dan ChromeOS. Pengguna juga bisa belajar statistik dengan memanfaatkan jamovi melalui kanal YouTube datalabcc. Untuk mengunduh dan memasang jamovi pada komputer masing-masing, silakan merujuk pada manual pengguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.