Saat berselancar di Internet, kita menjadi target banyak pihak, terutama yang menginginkan informasi data pribadi kita, termasuk pemilik website yang kita kunjungi. Sebagian besar peramban modern telah memiliki fungsi untuk menyampaikan “do not track” (DNT) pada fitur mereka, tapi seberapa yang bisa dicegah?

Jika Anda tidak terlalu peduli dengan data privasi Anda tersebar di mana-mana, maka fitur antitrack bukan sesuatu yang Anda perlukan. Dan tentu saja Anda juga mungkin tidak akan memerlukan VPN untuk menjaga privasi dan keamanan data Anda.

Antitrack sendiri baru dikembangkan beberapa tahun terakhir untuk melawan pencuri privasi. Dan sejumlah pengembangannya cukup memuaskan. Bahkan isu perang antara Apple dan Facebook belakangan ini juga terkait dengan pilihan “do not track.”

Do Not Track (DNT) is a way to keep users’ online behavior from being followed across the Internet by behavioral advertisers, analytics companies, and social media sites. It combines both technology (a way to let users signal whether they want to be tracked) as well as a policy framework for how companies should respond to that signal.

eff.org

Kita adalah sasaran empuk bagi pengiklan, dengan mengetahui usia, jenis kelamin, situs yang sering kunjungi, teman-teman kita, belanjaan kita, hingga wishlist yang kita simpan, maka pengiklan bisa mengirimi kita berjubel iklan-iklan yang ditargetkan ke kita.

Antitrack melengkapi fungsi incognito dalam banyak peramban, tentu saja sejumlah teknologi incognito juga memiliki fungsi perlindungan privasi dan juga pelacakan sekaligus, misalnya saja incognito oleh CUJO AI.

Saya sendiri memanfaatkan Avast AntiTrack Premium yang disertakan dalam bundel Avast Ultimate yang kami miliki. Layanan pihak ketiga sering kali lebih memudahkan pengguna dalam melakukan penyetelan kebutuhan.

Hanya perlu diingat bahwa AntiTrack tidak menghalangi atau menyekat iklan, tapi lebih spesifik pada menyekat iklan yang ditarget untuk Anda sebagai pengunjung halaman situs web. Jika tidak ingin iklan ditampilkan, penyekat iklan (adblocker) lebih tepat. Namun tetap perlu diingat, bahwa sebagian besar situs yang Anda kunjungi hidupnya berasal dari iklan, jadi selektif memilih situs mana yang menampilkan iklan akan lebih bijak.

Fitur antitrack sebenarnya bermanfaat untuk diterapkan, sayangnya di negeri kita, tidak banyak orang yang peduli pada keselamatan privasi. Kita adalah negeri saling berbagi, mulai dari berbagi komputer, peramban, hingga sandi, yang sering sulit dibagi cuma cuan.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan semakin maju dalam melacak aktivitas internet Anda. Tambahkan perangkat seluler dan hasilnya adalah kurangnya privasi online. Jika Anda tidak nyaman dengan itu, Anda perlu mempelajari cara menyisih dari aplikasi yang melacak Anda.

Sebagian besar layanan populer yang Anda gunakan (seperti platform media sosial dan Google) serta perangkat seluler Anda memberi Anda pengaturan untuk menonaktifkan pelacakan. Masalahnya adalah, Anda harus menggali sedikit untuk menemukannya. Namun, setelah Anda melakukannya, mematikan pengumpulan data cenderung sangat mudah.

John Huges – CodewinWP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.